5/27/12

Asal - Usul Desa Dadapan, Genting, Tunggu dan Kelipang

Tags

Pada jaman dahulu disebuah desa terpencil ada sebuah desa, desa  itu sering terjadi suatu pecncurian ternak warga, hampir setiap malam selalu ada saja ternak warga yang hilang, mulai dari ayam, kambing bahkan sampai sapi atau kerbaupun pernah dicuri.
Keadaan tersebut membuat masyarakat didesa tersebut menjadi geram. Maka dari itu masyarakat desapun mulai mengadakan ronda untuk menangkap maling tersebut. Sampai pada suatu malam, ketika bapak-bapak  yang melakukan ronda mendengar kegaduhan yang terjadi disebuah kandang salah seorang warga. Karena curiga itu adalah maling maka bapak-bapak peronda itupun segera berlari cepat untuk melihat keadaan yang terjadi dan benar saja ketika ditengok ternyata ada seseorang yang sedang berusaha mengambil ayam, sontak para peonda berteriak maling, dan juga membunyikan kentongan, sementara melihat dirinya ketahuan sedang mencuri si maling ini dengan langkah seribunya berlari dengan sangat cepat. Dia berlari dan terus berlari diikuti kejaran para peronda beserta warga yang terbangun mendengar kentongan dari para peronda.
Pencuri itu terus berlari daerah dan karena sedikit lelah mungkin,  dia mulai mengendap-ngendap pada suatu daerah atau desa yang belum memiliki nama, ketahuan oleh warga dirinya sedang mengendap-ngendap, pencuri itu kembali berlari dengan cepat, sehingga sampailah pada suatu desa terpencil, pencuri tersebut naik keatas genting-genting rumah untuk bersembunyi dari warga, sementara warga yang sempat kehilangan jejak pencuri menunggu pada suatu desa sebelah, ketika pencuri tersebut merasa aman dan hendak turun dari genting, tiba-tiba ada warga yang memergokinya, pencuri itupun dengan reflek yang cepat kembali berlari dari kejaran warga, hingga sampailh dia pada desa yang memiliki pohon-pohon bercabang atau mengepang-ngepang. Pencuri itu kemudian bersembunyi dengan memanjat pohon  yang berpang-pang tersebut. Namun memang sial, belum lama dia bisa bersembunyi ada saja warga yang tau, degan cepat kemudian pencuri tersebut turun dan terus berlari dengan cepat, dan menghilang tanpa bekas.
Berkat kejadian yang menghebohkan semalaman itu akhirnya pencuri tersebut tidak pernah lagi mencuri didesa tersebut. Sementara desa-desa yang pernah dilewati pencuri saat berusaha laripun diberi nama yang unik, desa yang digunakan saat pencuri mengendap-ngendap diberi nama desa DADAPAN, kemudian desa saat pencuri tersebut bersembunyi diatap rumahwarga atau gentingnya diberinama GENTING, sementara desa yang digunakan sebagai tempat warga menunggu percuri yang sempat menghilang diberi nama TUNGGU, dan yang terakhir desa yang terdapat pohon-pohon bercabang (mengepang-ngepang) yang sempat dijadikan tempat pencuri tesebut bersembunyi diberinama desa KLIPANG 


EmoticonEmoticon