5/27/12

Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menjelaskan dengan Merancang apa yang Akan Dijelaskan

Tags
 By : TAufik  Hidayat 



Sekarang ini ,dari hasil pengamatan yang saya lakukan terhadap mahasiswa semester 2 PGSD, tampak jelas secara umum  kemampuan dalam menjelaskan materi kepada mahasiswa lain masih kurang.  Padahal kemampuan untuk menjelaskan ini sangatlah penting, mengingat bahwa mahasiswa PGSD adalah calon-calon guru yang dituntut untuk menguasai 4 kompetensi professional, yaitu kompetensi akademik,
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi social. Menjelaskan adalah salah satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki guru, karena apabila gguru tidak dapat menjelaska dengan baik maka guru tersebut berarti tidak memiliki kompetensi pedagogic yang professional.

Oleh karena itu alangkah lebihbaik apabila mahasiswa dapat membuat rancangan mengenai apa yang akan dijelaskan , berikut saya akan memberikan beberapa komponen yang perlu anda siapkan dalam menjelaskan.
1.       Mencari materi yang akan anda jelaskan
Sebelum anda merancangsesuatu diharapkan anda bisa memilih materi apa yang harus anda jelaskan.
2.       Menyusun kerangka apa yang akan anda jelaskan
Setelah anda memiliki pilihan materi, selanjutnya silahkan anda untuk membuat keragka nanti yang ankan anda jelaskan
3.       Menyusun indikator yang akan dicapai
Ini hal yang penting, yaitu menyusun indicator. Anda harus menyusun ini agar dapat menentukan tujuan dari penjelasan anda.
4.       Memilih setrategi
Memilih setrategi yang akan dilakukan ada banyak setrategi dalam menjelaskan, apakah mau berbicara seperti berpidato, apakah berbicara dengan banyak berinteraksi dengan pendengar atau lain sebagainya.
5.       Buatlah tulisan tentang apa yang akan anda bicarakan pada penjelasan anda. Dan baca berulang-ulang sehingga anda paham.

Lakukan dengan serius, pasti anda sekalian bisa. Good Luck


EmoticonEmoticon