1/9/15

Problematika Kebudayaan

Tags


PROBLEMATIKA KEBUDAYAAN

Kebudayaan yang diciptakan manusia dalam kelompok dan wilayah yang berbeda-beda menghasilkan keragaman kebudayaan. Tiap suku-suku mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan yang lain, Kebudayaan yang di bentuk kelompok-kelompok manusia ini akan menghasilkan cirri yang membedakan dengan klompok lain.
Dalam rangka pemenuhan hidupnya manusia akan melakukan initeraksi dengan manusia lainnya. Demikian pula terjadi hubungan antar persekutuan hidup manusia dari waktu ke waktu dan terus berlangsung sepanjang ke hidupan manusia.
Kebudayaan yang ada ikut pula mengalami dinamika, seiring dengan hal tersebut maka kita mengetahui adanya Pewarisan, Perubahan dan Penyebaran kebudayaan

  1. Pewarisan kebudayaan
Kebudayaan Indonesia Majemuk
Pewarisan kebudayaan adalah proses pemindahan, penerusan, pemilikan, dan pemakaian kebudayaan dari generasi ke generasi secara berkesinambungan. Pewarisan budaya ini bersifat Vertikal.
Pewarisan budaya dapat dilakukan dengan enkulturasi dan sosialisasi.
Enkulturasi atau pembudayaan adalah proses mempelajari dan menyesuaikan pikiran dan sikap individu dengan system norma, adapt, dan peraturan hidup dalam kebudayaan. Prosesnya dimulai sejak dini, yaitu mulai masa kanak-kanak, bermula dari keluarga, teman-teman dan masyarakat luas.
Sosialisasi atau proses pemasyarakatan adalah idividu menyesuaikan diri dengan individu lain dalam masyarakat.
            Dalam pewarisan budaya bias muncul masalah antara lain : sesuai tidaknya budaya yang diwariskan dengan dinamika masyarakat sekarang. Penolakan generasi penerima warisan budaya tersebut, dan munculnya budaya baru yang tidak sesuai lagi dengan budaya warisan.

  1. Perubahan kebudayaan
Perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi sebagai akibat adanya ketidak sesuaian di anatara unsur-unsur buaya yang saling bertentangan.sehingga terjadi keadaan yang fungsinya tidak serasi bagi kehidupan.
            Perubahan kebudayaan yang terjadi dapat memunculkan masalah yakni : akan menimbulkan masalah jikala peruahan tersebut bersifat reggres (kemunduran). Bukan progress (kemajuan).

  1. Penyebaran kebudayaan
Penyebaran kebudayaan adalah proses menyebarnya unsure-unsur kebudayaan dari suatu kelompok ke kelompok lain.
            Penyebaran kebudayaan (difusi) bias menimbulkan masalah, diantaranya :
Masyarakat penerima akan kehilangan nilai-nilai budaya lokal  sebagai akibat budaya luar yang masuk.
Contoh : Globalisasi budaya asing yang bersumber dari budaya barat pada era sekarang ini adalah masuknya nilai-nilai global yang memberi dampak negative bagi prilaku sebagian masyarakat Indonesia. Misalnya , pola hidup konsumtif, hedonisme, pragmatis, dan individualistic, Akibatnya, nilai budaya bangsa Indonesiapun tergerus.
           


EmoticonEmoticon