Kamis, 21 Januari 2016

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi, penelitian, atau KTI

Bagaimana cara membuat latar belakang yang baik?

Mungkin teman-teman ada yang bingung, karena pada awalnya saya juga bingung bagaimana cara membuat latar belakang sebuah penelitian. Untungnya pada akhirnya sy memahami bagaimana cara membuatnya.

Lah, katanya sedikit ilmu, harus dibagikan, maka melalui postingan ini saya ingin berbagai mengenai cara membuat latar belakang yang baik. Latar belakang adalah alasan atau dasar yang untuk menjelaskan kepada pembaca mengenai apa yang tuliskan.
Latar belakang.itu harus baik, ya standar latar belakang yang baik minimal harus jelas. Dimana kejelasan sebuah latar belakang dapat dilihat dari kelengkapan komponennya dan struktur penyusunannya. Kelengkapan unsur dalam sebuah latar belakang.meliputi beberapa hal diantaranya:

1. Data empiris
2. Dasar yuridis
3. Dasar teoritis
4. Penelitian terdahulu yang relevan.

Selanjutnya penulisan proposal akan menjadi baik, bila urut. Diantaranya urutannya adalah:

1. Kondisi ideal, merupakan kondisi yang diharapkan atau dicita-citakan.
2. Kondisi aktual adalah kondisi yang ada dilapangan pada waktu tersebut. Biasanya antara kondisi ideal dan kondisi faktual terjadi kesenjangan. Misal: seorang guru berharap siswanya mendapatkan nilai diatas KKM semua. Itu merupakan kondisi ideal, namun kondisi faktualnya menunjukan bahwa lebih dari 60% siswa.nilainya dibawah KKM. Kesenjangan antara kondisi ideal dan kondisi faktual disebut dengan masalah. Lah, dalam latar belakang harus ditemukan sebuah masalah.

Selanjutnya adalah solusi, masalah harus diselesaikan, ya yaitu dengan sebuah solusi. Maka solusi diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut.
Demikian sedikit pembahasan mengenai Latar Belakang.

Disqus Comments