4/29/16

Apa Saja Instrumen Penelitian Kuantitatif? (Wajib Baca)

Dalam artikel ini, kita akan belajar untuk menyiapkan instrumen-instrumen penelitian. Setelah kita selesai membuat proposal dan dinyatakan acc, biasanya dosen akan meminta kita untuk melanjutkan dengan membuat instrumen penelitian.

Namun bagi yang masih bingung untuk membuat proposal skripsi silahkan baca artikel berikut ini Cara Lengkap Membuat Proposal Penelitian Kuantitatif Pendidikan

Instrumen penelitian, kalau instrumen sendiri artinya adalah alat, alat ini dugunakan untuk mengerjakan sesuatu.

dalam sebuah penelitian, maka instrumen diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengerjakan atau melakukan penelitian. Alat-alat tersebut bermacam-macam. dilihat dari fungsinya maka instrumen penelitian dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
Instrumen Pelaksanaan penelitian & Instrumen Pengumpulan Data

cuman dua kok, dikit . . .
kali ini instrumen yang akan saya jelaskan adalah instrumen penelitian bidang pendidikan.

Misalnya kita melakukan penelitian dengan judul: Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Shere (TPS)  Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negri Gayamsari 01 Semarang.

Judul diatas adalah judul peneltiaian kuantitatif, dalam penelitian tersebut peneliti ingin menguji keefektifan model pembelajaran TPS terhadap hasil belaajr siswa, sehingga bentuk penelitiannya adalah peneliti menerapkan model TPS dalam pembelalajaran di kelas.

Untuk melaksanakan penelitian tersebut maka instrumen penelitian yang harus dibuat adalah instrumen pelaksanaan pembelajaran dan instrumen pengumpulan data.
 

Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran 

Instrumen ini adalah instumen yang digunakan peneliti untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. jadi sama seperti pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Instrumennya juga sama kurang lebihnya, diantaranya yitu:
  1. Silabus
  2. RPP 
  3. Modul/Bahan Ajar
  4. Media Pembelajaran 
  5. Daftar Nama Siswa 


Instrumen Pengumpulan Data

Instumen pengumpulan data adalah alat penelitian yang fungsinya untuk mengumpulkan data-data hasil dari penelitian, data hasil penelitian itu seperti hasil belajar siswa, prilaku siswa, dsb. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu:


  1. Tes, Terdiri dari (Soal Pilihan Ganda, Soal Esai, atau Soal uraian)
  2. Non Tes , terdiri dari (Lembar Observasi atau pengamatan, wawancara, anget atau quesioner, dan dokumentasi seperti kamera)

Seperti Apakah Instrumen-Instrumen Tersebut?

Setelah kalian memahami tentang alat atau instrumen dalam penelitian, lebih baik jika selanjutnya anda memahami pula seperti apa instumen penelitian tersebut.

Pertama adalah silabus. silabus itu rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup SK, KD, Indikator, Materi, bentuk Pembelajaran, Alokasi Waktu, Penilaian dan Sumber Belajar.

Silabus digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan RPP, jadi kalau membuat RPP pedomannya adalah silabus, jangan membuat RPP dulu baru silabus y. . .

Kedua adalah RPP, Singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembeajaran. Sama seperti namanya RPP adalah sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran. 

Saya fikir sudah pada paham ya, dengan RPP. 

Kalau mau download contoh RPP dan SIlabus Silahkan Download pada Contoh RPP dan Silabus SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2 

Ketiga adalah modul atau bahan ajar, merupakan kumpulan materi yang akan anda gunakan dalam pembelajaran. Jadi anda diminta untuk menyusunnya, anda dapat membuatnya secara mandiri ataupun anda dapat menyadur dari bahan ajar yang ada pada modul-modul yang telah ada. Karena tidak ada ketentuan harus membuat sendiri dan original.

Meskipun begitu anda perlu untuk memperhatikan bahan ajar yang anda buat sesuai dengan indikator keberhasilan pembelajaran.

apakah dengan bahan ajar yang ada, seluruh indikator telah tercakupi atau belum.

Keempat adalah media Pembelajaran, Media itu sendiri adalah alat yang berfungsi untuk mengubah pesan yang sulit dipahami siswa menjadi lebih mudah, seperti mengubah pesan yang abstrak menjadi kongkrit. Jika dalam penelitian anda menggunakan media, maka tentu terdapat instrumen media yang harus anda buat.  

Kelima adalah daftar nama siswa, ini penting, untuk dimasukan dalam instumen yang kamu buat, karena akan membantu dalam mengumpulkan jumlah data yang akan anda peroleh.

Sementara instumen lainnya adalah adalah instumen test dan non test.
Instrumen test itu adlah alat peelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara tes. Alat tes sederhana seperti tes Pilihan Ganda, Tes Isian, Tes uraian

Sedangkan instrumen non tes adalah alat pengumpul data bukan tes. Biasanya digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih luas. 

Lembar observasi adalah lembar kerja yang fungsi untuk mengukur keberhasilan atau ketercapaian tujuan pembelajaran pada siswa yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan.

Contohnya: 

Lembar  Angket,  Angket merupakan daftar pertanyaan yang disusun untuk mendapatkan informasi - informasi pertanyaan.

Angket ini disusun secara khusus guna mendapatkan informasi yang ingin diperoleh.


EmoticonEmoticon