4/18/16

ARTIKEL ILMIAH : PENGEMBANGAN E-COMIC INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR



PENGEMBANGAN E-COMIC INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Taufik Hidayat
Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi Timur No. 24 Semarang
e-mail : taufik100793@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi dan masalah, potensi yang dimaksud adalah perkembangan dunia teknologi yang pesat, khususnya dunia internet. Hal tersebut ditunjukan dari peningkatan jumlah pengguna internet yang mencapai 88,1 juta pengguna atau meningkat 34,9% dari tahun sebelumnya. Perkembangan tersebut sejatinya dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan, sehingga menjadi sebuah potensi tersendiri. Namun yang menjadi masalah adalah, belum banyak media berbasis internet yang dapat dengan mudah digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan media pembelajaran berlandasakan oleh potensi perkembangan teknologi, sehingga dibuatlah media E-Comic Integratif.
Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan media E-Comic Integratif dalam pembelajaran tematik terpadu Kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Hasil validasi ahli media dari validasi 1 dan 2 didapat hasil rata-rata persentase keidealan yaitu 63,33%, dan 90,83%. Penilaian oleh ahli materi dari validasi 1 dan 2 didapat hasil rata-rata persentase keidealan yaitu 77,92% dan 96,67%. Sementara dari hasil validasi dengan ahli media dari guru didapat hasil rata-rata persentase keidealan sebanyak 83,33% dan hasil validasi dengan ahli materi dari guru didapat hasil rata-rata persentase keidealan sebanyak 93,75%, sementara hasil uji coba dilakukan kepada kelompok kecil 4 dan 8 siswa serta seluruh siswa kelas IV SD N Sendangmulyo 03 Semarang, dengan hasil berurutan yaitu 88,54%, 93,23%, dan 92,20%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu E-Comic Integratif layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci:  E-Comic Integratif, Komik, Tematik Terpadu.



Untuk File Lengkap Silahkan Donwload pada link di bwah ini



EmoticonEmoticon