4/24/16

Belajar Mewarnai Untuk Anak Kecil

Tags

Setiap minggu saya selalu ditugaskan oleh ibu saya untuk menemani adik saya bermain. Dan saat itu juga saya beranjak dari tempat tidur saya untuk segera berada disamping adik kecil saya itu.

Usinya masih 5 tahun, gadis perempuan yang selalu membawa canda dan tawa dikeluarga kecil ini. Sedang mewarnai gambar gambar yang diberikan oleh ibu ku habis beli dipasar. 3 buah gambar sedikitnya setiap minggu harus d bawa pulang sekembalinya dari pasar untuk diberikan kepada gadis kecil di keluarga kami.

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan mewarnai? Definisi menurut kamus ekabahasa resmi Bahasa Indonesia definisi dari Mewarnai adalah sebagai berikut. Definisi Kata Mewarnai me.war.naiVerba (kata kerja) (1) memberi berwarna; mengecat dan sebagainya; (2) menandai (dengan warna tertentu); (3) mempengaruhi Itulah definisi dari Mewarnai, untuk mencari definisi yang lain dapat menggunakan kotak penelusuran.

Mewarnai telah menjadi bagian dari keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak-anak sejak usia dini karena memahami warna sama pentingnya dengan menguasai berhitung, membaca, dan menulis. Dengan mewarnai, anak tidak hanya belajar mengenali warna, namun juga memberi kesempatan untuk mengekspresikan diri.

Bagiku mewarnai benar benar memberikan manfaat sangat besar dalam proses tumbuh dan kembang adik saya ini. Bagaimana bisa, hal itu karena mewarnai melatih seluruh komponen perkembangannya baik aspek kognitif, psikomotorik bahkan afektifnya. Lalu saya coba cari tahu, apa saja manfaat dari mewarnai dan diperoleh data data sebagai berikut.

Beberapa manfaat mewarnai gambar bagi si kecil antara lain sbb.
1. Membantu Balita Mengenal Warna
Anak akan lebih mudah mengenal warna-warna jika ia sering menggunakannya.
2. Melatih Konsentrasi
Mewarnai gambar membuat anak belajar berkonsentrasi untuk menyelesaikan karyanya dengan sebaik-baiknya tanpa menghiraukan orang-orang di sekitarnya.
3. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan
Hasil mewarnai gambar oleh pemula biasanya cenderung kurang sempurna karena anak mengalami kesulitan mewarnai bidang tanpa keluar garis batas atau kesulitan menggosok krayon dalam arah tertentu. Setelah berulangkali melakukannya anak akan menghasilkan karya yang lebih baik seiring meningkatnya kemampuan koordinasi mata dan tangan.
4. Melatih Keterampilan Motorik Halus
Memilih, memegang dan menggunakan krayon membuat anak melatih otot-otot jari, pergelangan tangan dan lengan. Kemampuan motorik otot jari yang baik membantu anak untuk mempelajari hal-hal baru lebih cepat seperti saat belajar menulis, bermain piano, menggunting, mengetik, dsb.
5. Melatih Kreativitas
Mewarnai gambar dapat menjadi media kreativitas anak. Untuk gambar yang sama, anak-anak dapat membuat hasil yang berbeda-beda, karena tiap anak menyukai komposisi warna yang berbeda.

MENGENAL ALAT MEWARNAI

Beberapa alat atau media yang digunakan dalam mewarnai adalah sebagai berikut.
1. Krayon
Krayon merupakan media pewarna yang terbuat dari lilin berwarna, air, serta kapur. Bentuknya yang unik, mudah dipegang, serta teknik menggunakannya yang familiar dengan tangan membuat anak-anak menyukai mewarnai menggunakan krayon. Krayon dapat mewarnai bidang gambar yang luas dan merata. Warna yang dihasilkannya pun sangat cerah.
Kekurangan mewarnai menggunakan krayon adalah karena ujungnya yang tumpul, sehingga sulit digunakan untuk membuat garis runcing atau mewarnai bidang gambar yang sempit dan kecil. Perlu juga memperhatikan bahan pembuat krayon dan hindari bahan karsinogenetik karena mewarnai menggunakan krayon menyebabkan tangan sangat mudah bersentuhan dengan krayon.
2. Pensil Warna
Seperti pensil pada umumnya, pensil warna terbuat dari campuran tanah grafit yang terbungkus kayu. Ada pula pensil warna yang terbungkus dalam bahan plastic. Grafit yang digunakan tidak hanya berwarna hitam, namun terdapat berbagai pigmen warna sebagai campurannya. Kekurangan pensil warna jika digunakan untuk mewarnai bidang gambar yang luas harus dilakukan dengan tekun dan ekstra hati-hati agar diperoleh hasil pewarnaan yang merata. Namun, kelebihannya dapat mewarnai bidang yang lebih detil.
3. Spidol
Hasil mewarnai dengan spidol lebih cerah dibandingkan krayon atau pensil warna namun jika pewarnaan terlalu tebal tintanya bisa tembus hingga bagian belakang kertas sehingga mengurangi kerapian. Jika tak hati-hati dalam menyimpan isi tintanya mudah menguap dan tidak bisa digunakan
4. Cat Air
Kelebihan menggunakan cat air sebagai pewarna adalah variasi warna yang dihasilkan cat air sangat beragam dan mudah dikombinasikan atau dicampur sehingga terbentuk warna-warna baru dan bisa digunakan untuk melukis pula. Cat air terbuat dari campuran gum arab, pigmen serbuk warna, dan gliserin serta madu sehingga jika akan digunakan harus dicampur air terlebih dahulu.


EmoticonEmoticon