4/11/16

Pengertian dan Fungsi Teori

Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan pengertian atau definisi dari Teori, sering kita gunakan teori dalam proses pembuatan proposal bukan. Jadi sangat penting bagi kita memahaminya.

Berikut ini adalah definisi dari teori. Dikutip dari WIKIPEDIA bahwa Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Labovitz dan Hagedorn mendefinisikan teori sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka definisikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling berhubungan

beberapa ahli juga menyampaikan definisi dari teori, berikut ini adalah beberapa pendapat dari ahli tentang teori:
1. Menurut Ismaun
Teori adalah pernyataan yang berisi kesimpulan substantif tentang keteraturan.

2. Menurut Jonathan Tunner
Teorinya adalah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi.

3. Menurut Kerlinger
Teorinya adalah sebuah konsep yang berhubungan satu sama lain yang berisi pandangan sistematis fenomena.

4. Menurut Nazir
Teori adalah opini diajukan sebagai penjelasan dari suatu peristiwa atau kejadian.

5. Menurut Stevens
Teorinya adalah pernyataan yang isinya menyebabkan atau ciri beberapa fenomena.

6. Menurut Manning 
Teori adalah seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan satu set variabel satu sama lain. Teori akan menghasilkan prediksi yang dapat dibandingkan dengan pola yang diamati.

7. Menurut Fawcett
Teori adalah deskripsi dari fenomena tertentu, penjelasan tentang hubungan antara fenomena atau prediksi tentang penyebab dan konsekuensi dari fenomena fenomena lainnya.

8. Menurut Gardener Linzey
Sebuah teori adalah hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang fakta bahwa itu adalah tidak pasti.

9. Menurut Traver
Terdiri dari teori generalisasi dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena dan generalisasi harus prediktif. Teori terdiri dar generalisasi dimaksudkan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena

10. Menurut Emory-Cooper
Teori adalah seperangkat konsep, definisi, proposisi, dan variabel yang berhubungan satu sama lain secara sistematis dan memiliki umum, sehingga mereka dapat menjelaskan dan memprediksi fenomena (fakta) tertentu.

11. Menurut Calvin S. Hall
Sebuah teori adalah hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang fakta bahwa itu adalah tidak pasti.

12. Menurut Kneller
Teori pertama memiliki dua makna, bahwa itu adalah teori empiris, dalam arti bahwa sebagai hasil pengujian hipotesis dengan observasi dan eksprimen.

Fungsi Teori
Dalam konteks ilmiah, suatu teori berfungsi:
  1. Memperjelas dan mempertajam ruang lingkup variabel.
  2. Memprediksi dan memandu untuk menemukan fakta untuk kemudian dipakai guna mermuskan hipotesis dan menyusun instrumen penelitian. Mengapa? Sebab pada dasarnya, hipotesis merupakan pernyataan yang bersifat prediktif, bukan deskriptif.
  3. Mengontrol, membahas hasil penelitian, untuk kemudian dipakai dalam memberikan saran.(dikutip dari: http://www.masterjurnal.com/fungsi-teori-dalam-penelitian-ilmiah/)
Selani itu, pengertian dari Teori adalah:
  1. Teori sebagai orientasi; Berikan orientasi para ilmuwan bahwa teori mempersempit ruang lingkup yang akan dieksplorasi, seperti untuk menentukan fakta - fakta yang ditemukan.
  2. Teori sebagai konseptual dan klasifikasi; dapat memberikan petunjuk tentang kejelasan hubungan antara konsep - konsep dan fenomena atas dasar klasifikasi tertentu.
  3. Teori sebagai generalisasi; menyediakan ringkasan dari generalisasi empiris dan antar-hubungan berbagai proposisi.
  4. Teori sebagai fakta prediktor; termasuk prediksi tentang Faka dengan membuat ekstrapolasi dari dikenal ke yang tidak diketahui. Dikutip dari: http://www.kompasiana.com/








EmoticonEmoticon