4/11/16

Pengertian dan Macam Macam Variabel Penelitian

Tentu jika anda mencari di Google dengan mengetikan kata "variabel" anda akan menemukan berbagai macam devisi dari variabel itu. Namun bagi saya variabel dalam penelitian adalah objek yang dipelajari. Singkatkan?, semoga mudah dipahami y. Jadi variabel adalah objek. Misal anda ingin melakukan penelitian tentang hasil belajar siswa maka objeknya ada dua yaitu hasil belajar dan siswa. Maka keduanya adalah variabel. Mudah kan memahami variabel itu.

Selanjutnya saya akan lebih memperjelas definisi dari variabel, menurut Sugiyono (2009: 38) variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut. Sementara Kerlinger (1973) dalam Sugiono (2009:38) menjelaskan bahwa variabel adalah konstruk atau sifat yang akan dipelajari. Dari pendapat kedua ahli ada kesamaan yang sudah jelas yaitu proses untuk mempelajari. Variabel adalah objek yang dipelajari seperti yang sy jelaskan diawal singkat dan mudah dipelajari.
Ada macam macam bentuk dari variabel ini, jadi variabel itu dapat dibedakan menjadi lima macam yaitu: variabel independen, dependen, moderator, intervening dan control.
Penjelasan 1 per 1.

Gini y.
a. Variabel Independen
Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi atau sering disebut sebagai variabel yang menjadi sebab terjadinya perubahan atau timbulnya variabel dependen. Variabel.independen juga sering disebut sebagai variabel.stimulus, prediktor, antence, dan paling.populer disebut dengan variabel bebas. Jadi variabel independen = variabel bebas.

b. Variabel dependen
Kalau tadi diketahui bahwa variabel independen adalah variabel mempengaruhi maka variabel.dependen adalah variabel yang dipengaruhi. Variabel ini merupakan variabel yang menjadi akibat atau dipengaruhi oleh variabel independen. Variabel dependen sering disebut dengan variabel output, kriteria, konsekuen dan populer.disebut sebagai variabel terikat.

c. Variabel Moderator
Adalah variabel yang mempengaruhi bisa memperkuat dan bisa memperlemah hubungan antra variabel independen dengan variabel dependen. Variabel ini sering disebut sebagai variabel independen ke dua. Sebagai contoh : seorang suami istri yang dengan datangnya anak akan memperkuat rasa cintanya pada keluarga, datangnya seorang anak adalah variabel moderator. Berfungsi untuk memperkuat hubungan antara suami istri. Variabel moderator juga dapat memperlemah.

d. Variabel intervening
Variabel inrervening adalah variabel penyela/antara yang terletak diantara variabel  dependen dan independen. Sehingga variabel independen tidak secara langsung mempengaruhi variabel dependen.

e. Variabel kontrol
adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel kontrol sering digunakan jika melakukan penelitian yang bersfat membandingkan.



 


EmoticonEmoticon