4/10/16

PERKEMBANGAN ANAK MENURUT TEORI PIAGET

Dalam mengajarkan pengetahuan-pengetahuan baru kepada seorang anak hendaknya, kita memperhatikan perkembangan kognitif dari anak tersebut, sehingga apa yang kita ajarkan sesuai dengan taraf pengetahuan yang dimiliki.

Salah satu landasan yang digunakan dalam melihat perkembangan kognitif anak adalah, perkembangan kognitif yang disampaikan oleh Piaget. Menurut Piaget (Sarlito, 1991: 81) perkembangan kognitif seorang mengikuti tahapan sebagai berikut:

1. Masa sensorik motorik (0-2,5th)
Masa ini adalah masa ketika bayi menggunakan sistem pengindraan dan aktifitas motorik untik mengenal lingkungannya. La memberikan reaksi motorik terhadap rangsangan terhadap rangsangan yang diterima dalam bentuk reflek. Seperti reflek mencari puting susu ibu,.reflek menangis, reflek kaget, dan lain lain. Reflek tersebut selanjutnya berkembang menjadi gerakan yang lebih canggih seperti berjalan.

2. Masa Praoperasional (2-7th)
Ciri khas masa kini adalah kemampuan anak dalam menggunakan simbol yang mewakili suatu simbol. 

3. Masa Operasional Kongkrit (7-12th)
Pada masa ini anak dapat memahami  pengetahuan pengetahuan baru dengan mudah jika diberikan gambaran kongkrit dengan kata lain bahwa melalui melihat secara langsung anak akan lebih mudah paham. Dalam proses belajarnya anak akan kesulitan jika disajikan pengetahuan yang sifatnya abstrak atau anak diminta untuk membayangkan.

4. Taphap berfikir logis (>12)
Pada tahap ini anak sudAh dapat berfikir secara abstrak, anak mudah memahami materi tanpa melihatnya secara langsung. Bahkan hanya melalui lambang lambang bilangan anak telah mampu untuk mengelola informasi yang didapatkan.

Teori perkembangan anak menurut Piaget sangat penting untuk dipahami dan diimplenetasikan dalam proses mendidik anak. Mengapa? Karena dengan memahaminya akan membuat kita dapat mendidik anak dengan tepat sesuai dengan kemampuannya. Dengan kata lain sebagai orang tua kita telah mendidik anak dengan tepat.
Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, jangan lupa berbagi ya jika menurut anda artikel ini bermanfaat.
Penulis :
TAUFIK


EmoticonEmoticon