10/19/17

Pengertian Aktivitas Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Aktivitas Belajar Siswa

  Aktivitas Belajar
Aktivitas Belajar
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, aktivitas belajar adalah kegiatan mengolah pengalaman data praktik dengan cara mendengar, membaca, menulis, mendiskusikan, merefleksikan rangsangan, dan memecahkan masalah. Menurut Rusman (2013:388) menyatakan penerapan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dapat dilakukan melalui pengembangan berbagai ketrampilan belajar yaitu: (1) berkomunikasi lisan dan tertulis secara efektif; (2) berpikir logis, kritis, dan kreatif; (3) rasa ingin tahu; (4) penguasaan teknologi dan informasi; (5) pengembangan personal dan sosial; (6) belajar mandiri.


Akivitas siwa menurut Diedrich (dalam Sardiman, 2012:101) antara lain:
  1. Visual activities, misalnya membaca, memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain.
  2. Oral activities, yaitu menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi.
  3. Listening activities, mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
  4. Writing activities, misalnya menulis cerita, karangan laporan, angket, manyalin.
  5. Drawing activities, misalnya menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
  6. Motor activities, misalnya melakukan percobaan, membuat kontruksi, model mereparasi, bermain, berkebun, beternak.
  7. Mental activities, misalnya menanggapi, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan.
  8. Emotional activities, misalnya menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, berani, tenang, gugup.


Sedangkan menurut Whipple (dalam Hamalik, 2014:173-174) membagi aktivitas siswa sebagai berikut:

  1. bekerja dengan alat-alat visual, diantaranya: mengumpulkan gambar-gambar dan bahan-bahan ilustrasi lainnya; mempelajari gambar-gambar, khusus mendengarkan penjelasan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan; mengurangi pameran; memilih alat-alat visual ketika memberikan laporan lisan;
  2. ekskursi dan trip, diantaranya: mengunjungi museum; menyaksikan demonstrasi, seperti proses penerbitan surat kabar;
  3. mempelajari masalah-masalah, diantaranya: mencari informasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan penting; mempelajari referensi; melakukan eksperimen; membuat rangkuman; menafsirkan peta;
  4. mengapresiasi literature, diantaranya: membaca cerita-cerita yang menarik; mendengarkan bacaan;
  5. ilustrasi dan konstruksi, diantaranya: membuat diagram; menggambar peta; membuat poster; menyusun rencana permainan;
  6. bekerja menyajikan informasi, diantaranya: menyarankan cara-cara penyajian informasi yang menarik; menyensor bahan-bahan dalam buku; menulis dan menyajikan dramatisasi;
  7. cek dan tes, diantaranya: menyiapkan tes-tes untuk murid; menyusun grafik perkembangan; mengerjakan informasi.


Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dalam mengikuti pembelajaran, meliputi visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, drawing activities, motor activities, mental activities, dan emotional activities.

Aktivitas belajar dilakukan siswa baik secara fisik maupun mental dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam mengukur aktivitas belajar siswa, guru berpedoman pada beberapa indikator, yaitu (1) mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran; (2) aktif bertanya dan menyampaikan gagasan saat pembelajaran berlangsung; (3) memperhatikan penyajian informasi materi yang akan dipelajari melalui Power Point; (4) mendiskusikan masalah dalam Lembar Kerja Siswa; (5) menyampaikan hasil diskusi; (6) melakukan games dan tournament; (7) membuat rangkuman dan kesimpulan dari materi ajar; (8) mengerjakan soal individu.

Referensi
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik,Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.



EmoticonEmoticon