11/21/17

10 Contoh Ruang Kelas TK Islam Terbaik

Ruangan kelas di TK atau PAUD adalah ruangan kelas yang selalu indah.

Ruangan di kelas itu memang di desain untuk menjadi ruang yang menarik bagi anak-anak. Maklum anak-anak usia di bawah 7th adalah yang menjadi siswa.


Sehingga dibutuhkan hal hal yang menarik agar membuat anak selalu gembira berada di dalam kelas.

Membuat kelas yang manarik

Saya fikir dekorasi kelas adalah hal yang sangat penting. Bagaimana guru dengan kreatifitasnya bisa membuat dekorasi kelas yang dapat membuat siswa merasa nyaman di kelas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kelas yang menarik yaitu:
1. Tema
Pilih tema kelas yang menarik untuk anak-anak. Kamu bisa memilih teman-teman yang dekat dengan anak seperti dunia mainan, dunia binatang, antariksa, islami, dunia robot, keajaiban dunia, dan masih banyak tema-tema lainnya yang tentu dapat kamu pilih.

2. Warna Dinding
Pilihlah warna dinding yang sesuai dengan tema yang telah kamu pilih. Namun sejatinya akan lebih baik menggunakan warna-warna terang seperto biru, hijau, kuning, pink, oren, dan coklat.

Meski warna terang adalah warna utama yang nanti kamu akan pilih. Bukan berarti warna gelam tidak boleh kamu gunakan. Kamu masih bisa menggunakan warna lainnya (gelap) sebagai kombinasi dari perpaduan warna-warna terang.

Jika kamu memilih tema islami maka perpaduan warna hijau dan kuning bisa menjadi warna dasar dinding kamu.

Jika antariksa adalah tema yang kamu pilih maka perpaduan warna biru tua dan hitam akan cukup bagus untuk warna dasar dinding kelas kamu.

Apapun yang kamu pilih, diskusikan dulu dengan beberapa rekan guru, kepala sekolah dan beberapa orang yang kamu anggap paham dengan dekoraai kelas.

3. Properti
Properti untuk dekorasi kelas di TK harus memperhatikan unsur kemanan. Tidak diperkenankan terdapat properti yang dapat membahayakan anak anak tersebut.

Benda-benda tajam, mudah pecah se biasa mungkin di minimalisir untuk ada di ruangan kelas anda. Mengingat barang-barang tersebut dapat membahayakan anak.

Selain iti propoerti juga harus menarik. Oleh sebab itu properti dengan berbagai warna di dalam kelas akan membuat siswa menyukainya.

Cat meja, kursi dengan berbagai warna, gunakan carpet dengan warna-warna yang mencolok dapat menjadi beberapa pilihan dalam menambahkan properti.

Kelas yang menarik

Kelas yang menarik bagi anak usia TK adalah kelas yang dipenuhi dengan berbagai hiasan, warna-warni yang beraneka macam, propersi yang indah, suasana yang nyaman.

berikut ini beberapa contoh ruang kelas tk yang dapat menjadi inspirasi anda:

Kelas manis
Kelas kreatif
Kelas kerayon
Cozy classroom
Kelas keren
Kelas Brilian
Kelas Cerdas
Variatif classroom
Kelas Burung
Amazing Classroom
Bagaimana bagus-bagus kan.

Siswa pasti betah berlama-lama di dalam kelas. Di tambah seorang guru yang pintar menceriakan suasana. Maka indah sekali hari hari dari seluruh siswa yang ada di dalam kelas untuk mencari ilmu.

Kelas kelaa tersebut dapat menjadi inspirasi dalam mendesain kelas TK. Kelas yang berwarna dengan berbagai ornamen hiasan memang menjadi pilihan yang paling banyak di gunakan di kelas TK.

kelas Tk Islami

Untuk menciptakan nuansa islami di dalam keleas-kelas di atas maka guru dapat membuat berbagai macam hiasan atau ornamen yang mengandung unsur islami. Berikut ini ada beberapa ornamen yang dapat memberikan inspirasi dalam mendesain kelas menjadi kelas yang islami.

1. Pintu Islami
Salah satu tempat yang dapat kamu hias agar memberikan nuansa islami yang kental adalah pintu masuk kelas.

Pada pintu masuk kelas kamu bisa melakukan beberapa dekorasi kecil dengan sedikit kreatifitas.

Seperti ini :

Kakbah
Bintang Islam
Hajar Aswat
2. Poster Islam
Hal yang dapat menjadi ornamen islam lainnya yaitu dengan memasang berbagai macam poster tentang islam.

Carilah beberapa ide membuat poster bernuansa islam yang juga memiliki fungsi dalam pembelajaran dan mengenalkan nilai-nilai islam pada anak.


Setelah menemukannya buat dan pasang pada dinding-dinding kelas. Tidak hanya satu kamu bisa membuatnya lebih dari satu.


Beberapa contoh poster ini mungkin dapat menjadi piliha nya.

Poster nama-nama bulan dalam islam
Perjalanan Haji
Perang Gajah
3. Miniatur
Beberapa miniatur bernuansa islami juga dapat kamu pajang di berbagai tempat di dalam ruangan kelas yang akan menambah kesan nuansa kelas islami.

Kamu bisa membuat miniatur kakbah, miniatur lempar jumrah, miniatur peperangan islam, dan berbagai miniatur lainnya.

Tonton Video ini:



Miniatur lempar Jumrah
Miniatur Perang Gajah
Miniatur Sholat
4. Hiasan Dinding
Dinding adalah tempat yang luas untuk berkereasi. Kamu bisa menambahkan kreasi di dinding kelaa kamu.

Untuk menambahkan nuansa islam, buatlah hiasan dinding yang memiliki nuansa islami yang kental. Beberapa inspirasi yang dapat kamu contoh diantaranya seperti ini.

Pohon
Buah
Ulat
Rambu rambu
5. Hiasan Gantung
Hiasan terakhir yang dapat kamu gunakan untuk menambah nuansa islami di kelas kamu adalah hiasan gantung.
Hiasan ini akan membuat kelas kamu tampak jauh lebih meriah seperti ajang festival yang dapat menarik siapa saja untumelhatnya.

Gunakanlah hiasan gantung yang senada dengan warna warni kelas kamu. Tambahkan nuansa islam pada hiasan gantung seperti menanyakan gambar-gambar islami, huruf-hurus, kaligrafi, dan lain sebagainya.

Gantungan buah dan huruf arab
Gantungan kelas nuansa arab
Demikianlah beberapa tips untuk membuat kelas kamu nampak lebih indah, khususnya di sekolah TK.

Seperti yang sering kali di sampaikan bahwa kelas yang menarik akan membuat siswa jauh - jauh lebih nyaman berada di lingkungannya.

Ketika anak sudah nyaman dengan lingkungannya maka setiap kegiatan yang ia ikuti di kelas akan membekas di dalam memorinya.

Bukankah itu yang kita cari sebagai seorang guru. Membuat siswa memahami setiap kegiatan dalam pembelajaran yang anak ikuti.

Terimakasih, sebelum berpindah dari laman ini. Jangan lupa untuk bagikan dengan Klik menu share di bawah ini.