11/27/17

7 Cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam

Mengapa lupa?

Sebuah hal yang wajar ketika seseorang melupakan sesuatu. Karena waktu akan membuat kita melupakan sesuatu hal tersebut.


Namun memori yang lemah itu berbeda. Memori yang lemah membuat kita lebih sulit untuk mengingat suatu hal dibandingkan orang pada umumnya.

Sebenarnya seseorang tidak pernah kehilangan memori yang pernah ia simpan. Karena otak adalah anugerah yang luar biasa yang di ciptakan Allah SWT. Otak dapat menyimpan data jauh lebih baik dari pada komputer sekalipun.

Lalu mengapa manusia bisa lupa? Yang terjadi bukan kehilangan memory, tapi kesulitan untuk menemukan atau menggali informasi yang pernah di simpan di otak. Itu mengapa jika kita jarang berlatih untuk menemukan informasi - informasi kembali. Kita akan kehilangan dimana lokasi menyimpan informasi di otak kita.

Analoginya seperti saat kita menyimpan sebuah folder di komputer. Seiring bertambahnya waktu di komputer kita semakin disesali oleh berbagai macam folder. Sampai 1 tahun kemudian kita ingin menemukan folder yang kita simpan 1 tahun yang lalu. Jika kita tidak pernah membuka folder tersebut maka ada kemungkinan bahwa kita tidak akan menemukan folder itu kembali karena terlalu banyak folder lain yang menutupinya.

jadi folder tersebut tidak hilang namun kita tidak bisa menemukannya kembali.

begitulah kurang lebih penjelasan tentang bagaimana lupa terjadi.

Daya ingat yang kuat

Allah SWT menciptakan manusia dengan otak. Otak adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Otak manusia mamiliki kemampuan yang luar biasa. Otak dapat menyimpan dan mengolah informasi yang sangat banyak jumlahnya.

Setiap orang menginginkan memiliki daya ingat yang kuat. Dengan daya ingat yang kuat orang dapat belajar, bekerja, memecahkan masalah dengan lebih cepat dan lebih baik.

Meski banyak orang yang menginginkan memiliki kemampuan atau daya ingat yang kuat. Kenyataannya tidak semua memiliki kemampuan tersebut.

Banyak yang merasa mudah lupa ketika mempelajari suatu hal, ketika mengalami peristiwa tertentu, dan pada kesempatan lainnya.

Dikutip dari idmedis.com
Penyebab dari ingatan yang lemah yaitu :

1. Karena stress dan terlalu banyak tekanan dan beban mental
2. Kurang istirahat dan kinerja tubuh terlalu dipaksakan
3. Karena pengaruh gaya hidup, seperti mengkonsumsi alkohol, rokok dan sebagainya.
4. Akibat gangguan elektrolit tubuh
5. Karena penyakit demensia
6. Pengaruh gula darah
7. Pengaruh dan efek samping obat-obat tertentu atau kemungkinan karena penyakit lain yang menekan fungsi otak

7 cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam
Cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam

Berikut ini ada 7 hal yag dapat meningkatkan kekuatan ingatan otak.
Sumber : muslimminc.com

1. Doa
2. Istirahat dan tidur
3. Memakan madu
4. Berserah diri pada Tuhan
5. Hijamah
6. Menggunakan Miswak
7. Mengingat Allah

Berikut penjelasannya.

1. Berdo'a

Ketika seorang hamba Allah menginginkan ingatan yang lebih baik maka, mintalah Al-Mujib (penjawab doa). Memohon kepada Allah SWT atas apa yang kamu butuhkan dari pengetahuan, pemahaman dan ingatan yang lebih baik.

Meminta kepada Allah dan meyakini bahwa tidak ada yang mustahil dari Allah SWT. Pada suatu kesempatan Dr. Zakir Naik, seorang orator internasional di tanya tentang cara meningkatkan daya ingat. Dia mengatakan bahwa "Saya mengucapkan doa ini untuk meningkatkan ingatan saya: Taha, ayat 25-28."

Dari situ maka penting untuk berdoa karena berdoa kepada Allah SWT adalah sebenar-benarnya tempat meminta.

Berikut ini beberapa doa untuk meningkatkan daya ingat otak.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbishrah lee sadree Wayassir lee amree Wahlul ‘uqdatan min lisanee Yafqahoo qawlee

“O my Sustainer! Open up my heart and make my task easy for me, and loosen the knot from my tongue so that they might fully understand my speech.”

Doa sebelum belajar
َللَّهُمَّ اَكْرِمْنْيْ بِنُوْرِ الْفَهْمِ وَ خَرَّجَنِيْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَ افْتَحْ عَلَيْنَا اَبْوَابَ عِلْمَكَ، وَ انْشُرْ
عَلَيْنَا خُزَّانَ مَعْرِفَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ،
اَللَّهُمَّ وَفِّقْنِيْ فِىْ الْمُطَالَعَةِ بِحَلِّ جَمِيْعِ مُشْكِلاَتِ الْمَسَآئِلِ مِنَ الْكُتُبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma akrimnee binooril fahmi wa kharrajanee min z’ulumaatil wahmi waftah’ a’lainaa abwaaba i’lmak. Wan shur a’lainaa khuzzaanu ma’rifatika yaa arh’amar raah’imeen. Allaahumma waffiqnee fil mut’aala’ti bih’ablee jamee-i’ mushkilaatil masaa-ili minal kutubi birah’matika yaa arh’amar raah’imeen.

“Oh Allah, honor me by the light of understanding and take me out from the darkness of doubt and open upon us the doors of your knowledge and open upon us the treasure of your recognition, oh the best of the Merciful ones. Oh Allah, and give me Tawfeeq to study and solving all the difficult problems through books. By your mercy, oh the best of the merciful ones.”

Doa setelah belajar
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَوْدِعُكَ مَا قَرأتُ وَمَا حَفَظْتُ، فَرُضُهُ عَليّ عِنْدَ حَاجَتِي إِلَيهِ، إِنّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيرُ وَأَنْتَ حَسْبِي وَنِعْمَ الوَكِيل

Allahumma inni astaodeeka ma qara’tu wama hafaz-tu. Farudduhu ‘allaya inda hajati elahi. Innaka ‘ala ma-tasha’-u qadeer wa anta hasbeeya wa na’mal wakeel

“Oh Allah! I entrust you with what I have read and I have studied. Oh Allah! Bring it back to me when I am in need of it. Oh Allah! You do whatever you wish, you are my availer and protector and the best of aid.”

Doa saat belajar suatu hal yang sulit
اللَّهُمَّ لاَ سَهْلاً إِلّاَ مَا جَعَلّتَهٌ سَهْلاً وَأَنّتَ تَجّعَلَ الحَزَنَ إِذَا شِئتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illama ja-‘altahu sahla anta taj ‘alu al hazana eza ma shi’ta sahal

“Oh Allah! Nothing is easy except what You have made easy. If You wish, You can make the difficult easy.”

2. Istirahat dan tidur

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan otak kamu. Jika kamu ingin meningkatkan kinerja otak kamu. Jika kamu ingin memiliki otak dengan daya ingat yang baik. Maka jagalah otak kamu. Kita dapat menjaga otak dengan istirahat yang cukup, cukup tidur dan berolahraga.

Istirahat yang cukup, tidur yang cukup, kemudian memiliki aktifitas olahraga. dapat membantu kesehatan seseorang secara keselurihan.

Saat seseorang tidur, otak bekerja untuk mengatur dan mengarsipkan data data yang terkunpul pada siang hari. Jadi alangkah baiknya untuk memberikan waktu yang cukup pada otak untuk mengatur arsip arsip pada saat kamu tidur. Sehingga penting untuk memberikan waktu tidur yang cukup.

Fungsi lain dari tidur yaitu meregenerasi sel-sel pada otak dan mengurangi stres yang dapat mengganggu fungsi otak.

Saat kita tidur otak kita ibarat kantor yang sibuk, mengatur dan mengarsipkan data yang terkumpul di siang hari. Anda perlu memberi cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan! Tidur juga penting untuk regenerasi sel otak dan mengurangi stres yang bisa mengganggu fungsi otak.

Demikian pula, tidur siang dapst meningkatkan memori dan mood, meningkatkan kesehatan fisik, dan mempertajam indera. hal tersebut memberikan banyak manfsaat.

Maka akan sangat penting juga untuk dapat tidur saingan. Ambil waktu 15 menit -30 menit baik sebelum dan seseudahbsholat Dzuhur akan sangat baik. Karena hal tersebut adalah praktik yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang secara siknifikan meningkatkan kinerja otak (intelektual).

3. Makan atau Minum Madu dan Kismis

Seperti yang diungkapkan oleh para ilmuan dan ahli yang mengatakan bahwa terdapat makanan tertentu yang dapat meningkatkan memori atau daya ingat seseorang. Makanan tersebut seperti madu dan buah kismis serta mengunyah jenis resin getah tertentu.

Seperti di ungkapkan oleh Imam Al-Zuhri berkata : "kamu harus makan madu karena itu baik untuk kenangan".
Dia juga berkata bahwa :"barang siapa ingin menghafal, hadits harus makan kismis". (dari Dari al-Jaami 'oleh al-Khateeb, 2/394).

Ibraaheem ibn berkata, "Kamu harus mengunyah permen karet, karena memberi energi ke hati dan menghilangkan kelupaan." (Dari al-Jaami 'oleh al-Khateeb, 2/397).

Peneliti Jepang menemukan bahwa aktivitas di hippocampus, area otak penting untuk memori, meningkat sementara orang mengunyah. Demikian pula, Dr Andre Scholey dari Universitas Northumbria mengatakan bahwa alasan paling sederhana adalah mengunyah meningkatkan denyut jantung, sehingga meningkatkan pengiriman oksigen ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitifnya.






4. Berserah kepada Allah SWT

Orang yang berserah kepada Allah SWT adalah orang yang beriman dan bertaqwa. Ia adalah orang yang mencoba untuk menghindari dosa. Meninggalkan dosa dapat membuat seseorang memiliki pengetahuan yang lebih baik.

Dosa memberikan efek buruk, membuat ingatan yang buruk dan tidak mampu untuk mempertahankan pengetahuannya.

Perlu diketahui bahwa dosa atau kegelapan tidak dapat berdampingan dengan cahaya pengetahuan. Hal tersebut karena Allah tidak memberikan pengetahuan kepada orang orang yang berbuat dosa.

Seseorang yang melakukan dosa tidak dapat berfikir dengan jernih. Ia banyak memikirkan hal hal yang berkaitan dengan dosa yang telah ia perbuat sehingga tidak dapat membuat ia memlejari sesuatu.


5. Hijamah (Bekam)

Hijamah atau di Indonesia sering di kenal dengan Bekam adalah praktik pengobatan yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama dengan rekan-rekannya.

Hijamah di Indonesia lebih di kenal sebagai praktik untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan.

Abu Hurairah (R.A) melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika ada sesuatu yang sangat baik untuk dijadikan obat, itu adalah bekam (hijama)."

[Sunan Abu Dawud, Sunan Ibn Majah] Perlu dicatat bahwa hijama mempromosikan aliran energi ke dalam darah karena membuang racun dan bahan limbah lainnya dari darah. Ini meningkatkan memori dan waktu pemulihan yang memungkinkan orang pulih dari penyakit dan mencegah penyakit.


6. Gunakan Miswak

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat otak yaitu menggunakan miswak. Miswak sendiri lebih dikenal dengan siwak atau pohon sikat gigi.

Miswak ini disebutkan sebagai salah satu praktik yang sering Nabu Muhammad SAW gunakan.

Dikisahkan oleh Abu Hurairah, Nabi berkata, 'Jika saya tidak menganggapnya sulit bagi pengikut saya atau orang-orang, saya akan memerintahkan mereka untuk membersihkan gigi mereka dengan siwak untuk setiap doa. "Kitaabus Salaatul Jumu'ah # 845.

Miswak diyakini dapat meningkatkan data ingat dan memberikan kesehatan pada gigi dan mulut.

Hasil analisis menunjukan bahwa miswak mengandung 19 zat alami yang bermanfaat untuk kesehatan gigi.

Bahkan antiseptik alami memiliki tindakan bakterisida, yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme berbahaya, sementara asam tanniknya memiliki zat yang dapay melindungi gusi dari penyakit dan minyak aromatik dapat  meningkatkan air liur. Bulu pada miswak yang sejajar dengan
Pegangan dapat mudah untuk menjangkau sela sela pada gigi dengan baik.


7. Sering Ingat Allah

Terakhir, dan hal yang sangat penting. Cara untuk meningkatkan daya ingat otak adalah ferekuensi mengingat Sang Maha Pencipta Allah SWT.

Para ilmuwan percaya bahwa mengingat terus-menerus akan Allah akan meningkatkan ingatan. Ini jelas dikatakan dalam Quran:
"... Dan ingatlah Tuhanmu saat kamu lupa ..." (al-kahf 18:24)

Muliakanlah Allah dengan membacakan dzikr, tasbeeh (katakan 'Subhan Allaah'), tahmeed ('Al-hamdu Lillaah'), tahleel ('Laa ilaaha ill-allah') dan takbir ('Allaahu akbar'), dll.

Ingatan kita memang merupakan berkah sejati dari Allah, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu kita harus bersyukur untuk itu dan melakukan segalanya untuk memelihara dan mendukungnya. Mari kita jaga agar tetap sehat karena ini adalah dasar untuk proses belajar, dan menggunakannya untuk tujuan bermanfaat; tujuan yang akan membawa kita lebih dekat kepada Allah.

Demikian 7 hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat otak menurut Islam.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.