11/19/17

Cara Mendapatkan Beasiswa S2 dalam Negeri

Ingin Mendapatkan Beasiswa S2 

Mendapatkan beasiswa adalah sebuah kebanggana.
Beasiswa selalu identik dengan orang-orang yang berprestasi.

Seseorang yang mendapatkan beasiswa dianggap sebagai sosok yang memiliki keterampilan dan kemampuan di atas yang lainnya. Ia adalah sosok-sosok terpilih yang memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa.


Penerima beasiswa tidaklah banyak, oleh sebab itu penerima beasiswa selau digolongkan sebagai orang pilihan terbaik. Tentu kita ingin juga mendapatkan beasiswa S2 bukan.

Untuk mendapatkan beasiswa S2 ada banyak hal yang harus kita persiapkan, kemampuan akademik mendajadi salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam hal ini. Selain itu ketekunan dalam mencari info tentang beasiswa, infor universitas, sampai dengan membangun relasi menjadi beberapa hal penting yang harus kita persiapkan untuk mendapatkan beasiswa S2.
Sumber : https://prepadviser.com

Berikut ini hal yang harus kamu persiapkan agar bisa diterima mendapatkan beasiswa:


  1. Pastikan kamu memiliki keahlian yang dapat kamu unggulkan dibandingkan calon penerima beasiswa lainnya.
  2. Persiapkan dokumen-dokumen prestasi yang pernah kamu dapatkan.
  3. TIngkatkan pengetahuan pada materi dari jurusan kuliah (beasiswa) yang kamu minati.
  4. Tingkatkan kemampuan kamu untuk menjalani wawancara, seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik akan memiliki nilai tambah dibandingkan yang lain.


Cara Mendapatkan Beasiswa S2
Untuk mendapatkan beasiswa perhatikan cara-cara di bawah ini.

1. Mencari Informasi
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan beasiswa yaitu mencari informasi. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang info penerimaan beasiswa.

  • Temukan jenis-jenis beasiswa
  • Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa
  • Keuntungan atau Jaminan yang diberikan dari beasiswa tersebut
  • Info dari orang-orang yang pernah mendapatkan beasiswa tersebut


2. Menentukan jenis beasiswa yang akan dipilih
Setelah kamu mengumpulkan berbaga macam jenis beasiswa. Langkah selanjutnya adalah memilih beasiswa mana yang menarik minat kamu. Jika memungkinkan tidak hanya satu pilihan. Analisis setiap pilihan kamu, pilihlah jenis beasiswa yang memiliki prosentase tinggi bagi kamu untuk diterima.

3. Melengkapi Syarat
Setelah kamu menentukan jenis beasiswa dan universitas mana yang akan kamu tuju untuk mendapatkan beasiswa. Langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan berkas-berkas syarat yang harus dipenuhi dalam mengajukan beasiswa.

Pastikan syarat-syarat tersebut sudah lengkap sebelum kamu ajukan pendaftaran beasiswa. Beberapa syarat yang umumnya ada dalam mengajukan beasiswa yaitu:
  • Scan/ file surat penerimaan perguruan tinggi. Hal ini akan menunjukkan keseriusan anda dalam melanjutkan pendidikan.
  • Scan Kartu Keluarga
  • Curiculum Vitae /CV
  • Scan Ijazah S1
  • Scan TOEFL yang masih berlaku
  • File proposal rencana study, alasan study, rencana tugas akhir dan rincian perkiraan biaya.
  • Scan surat permohonan beasiswa kepada pihak yang terkait


Untuk info persyaratan lebih lengkap bisa di lihat pada setiap infromasi yang disajikan oleh penawarn beasiswa masing-masing.

Selain cara umum yang biasa digunakan untuk mendaftar beasiswa, sebenarnya kita juga dapat mendaftar beasiswa dengan cara lain yang terhitung lebih mudah dengan tingkat persaingan lebih kecil.

Baca : Cara mendapatkan Beasiswa Melalui Jalur Belakang

Tips Mendapatkan Beasiswa dari Penerima Beasiswa 

Agar kita dapat memperoleh besiswa S2 kita juga harus belajar dari orang-orang yang telah mendapatkan beasiswa.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kita pelajari dari beberapa orang yang pernah mendapatkan beasiswa S2
1. Firmanda Taufiq


Firmanda Taufiq merupakan seorang yang menyukai dunia jurnalistik. Ia suka menulis, membaca, berdiskusi dan berdialektik. Lahir 3 Oktober 1993 ia merpakan alumni Bahasa dan Sastra Arab  UIN Maulana Ibrahim Malik Malang.

Firmanda Taufiq merupakan penerima beasiswa LPDP untuk melanjutkan sekolah kejenjang berukutnya yaitu S2. Beasiswa LPDP merupakan beasiswayang dikelola oleh Kementrian Keuangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, dan Kementrian Riset dan Teknologi. Dalam tulisan di Blognya dia menceritakan bagaimana dia bisa memperoleh beasiswa tersebut. Pernah ditolak dua kali pengajuan beasiswanya, namundia tidak menyerah untuk terus mendaftar beasiswa. Jerih payahnya akhirnya membuahkan hasil manis.  ia akhirnya mendapatkan beasiswa yang dia inginkan di pendaftaran yang ke tiga. Ia diterima menjadi mahasiswa Pasca Sarjana di Salah Satu Universitas di Yogyakarta.  Giat, Tekun, dan Pantang Menyerah menjadi kata yang tepat untuk digambarkan bagaiaman ceritanya mendapatkan beasiswa.

Anda dapat melihat cerita dari Firmanda di salah satu potingan BLOG nya :
Pengalaman lolos Beasiswa LPDP

2. Muhammad Nugraha
Muhammad Ngraha mendapatkan beasiswa S2 di Korea tepatnya di Chonnam National University(CNU). Dari cerita dalam Blog yang ia tulis dengan judul "Orang Pintar Kalah Ama Orang Beruntung" ia menyampaikan point yang membuat orang dapat memperoleh beasiswa, yaitu :

a. Positif Thinking - Selalu berfikiran baik dan yakin serta diberengi dengan doa, itulah hal pertama yang harus dimiliki oleh calon penerima beasiswa.

b. meminta restu dari kedua orang tua agar dilancarkan segala urusan.
c. Jangan Minder, ia menyampaikan walau ia memilikikemampuan yang biasa-biasa saja dibandingkan yang lainnya. Namun iya meyakini bahwa orang pintar itu kalah sama orang beruntung.
d. Jangan lupa untuk memperluas relasi, relasi yang akan membantu kamu dalam kondisi kondisi tertentu.



Baca Cerita lainnya Tentang Tips Untuk mendapatkan beasiswa.