11/17/17

Cepat Pintar Dalam 10 Menit

Beberapa orang ingin terus menjadi lebih pintar. Untuk menjadi lebih pintar dari waktu ke waktu mereka tau bahwa mereka harus belajar.

Namun sayangnya, banyak orang berfikir belajar adalah pekerjaan keras yang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Sehingga mereka tidak menyempatkan diri untuk meluangkan waktu untuk belajar hal hal baru.


Jika kamu termasuk orang yang merasa ingin belajar. Namun tidak memiliki banyak waktu karena sibuk bekerja, sibuk dengan tugas tugas sekolah , sibuk dengan berkumpul dengan teman-teman. Maka kamu harus mencoba melakukan hal hal di bawah ini.

Hal-hal yang dapat meningkatkan kepintaran dan dapat kamu lakukan dalam waktu kurang dari 10 menit.

Beberapa tips kegiatan di bawah ini dapat kamu lakukan dalam waktu di bawah 10 menit. Dan jika kamu melakukan kegiatan ini sebagai rutinitas setiap hari maka ini dapat meningkatkan kecerdasan otak kamu.

1. Olahraga
Perhatikan gambar di bawah ini

sunber : www.appki.or.id
Gambar di atas menunjukan bahwa orang yang melakukan olah raga memiliki otak yang memiliki kinerja lebih baim di bandingkan dengan otak yang dimiliki oleh orang yang tidak berolah raga.

Olahraga nyatanyabdapat memberikan manfaat. Selain memberikan manfaat kepada kondisi kesehatan fisik seseorang. Otak juga memberikan manfaat pada kepintaran dan fungsi otak seseorang.

Dikutip dari appki.or.id disebutkan bahwa ada 3 manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan olahraga yaitu;
a. Meningkatkan memori
b. Meningkatkan konsentrasi
c. Mencegah dari terkena penyakit yang menyerang otak seperti penyakit Parkinson.

Beberapa olahraga yang dapat dilakukan dalam waktu 10 menit diantaranya yaitu:
a. Jalan pagi selama 10 menit. Kamu bisa melungankan waktu untuk berjalan di pagi hari selama 10 menit. Misal bangun tidur kamu bisa menghirup udara segar di pagi hari dan usahakan untuk berjalan selama 10 menit.
b. Gunakan barbel dirumah, kantor, atau tempat kamu lainnya saat kamu punya waktu senggang (break time).
c. Joging di tempat selama 10 menit.
d. Jika kamu memiliki kolam renang di rumah. Kamu bisa menggunakan kolam renang yang ada di rumah kamu untuk berenang waktu 10 menit cukup untuk membuat kamu memperoleh manfaat dari berolahraga.

olahraga
2. Memainkan Musik
Sudah banyak hasil penelitian yang menunjukan bahwa musik dapat memberikan pengaruh positif pada otak. Main musik bagi anak dapat meningkatkan IQ dan kecerdasannya. Begitu pun untuk orang dewasa.

Sebuah penelitian dilakukan oleh  James Catterall dari ULLA tahun 1997 melakukan penelitian selama 10 tahun dengan melibatkan lebih dari 25rb siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain musik dapat meningkatkan skor tes dalam tes standar dan tes kemampuan membaca.

Sementara penelitian yang dilakukan oleh E. Glenn Schellenberg dari Univerisitu of Toronto di Mississauga tahun 2004 menunjukan bahwa IQ siswa yang melakukan latihan musik mengalami peningkatan 3 poin lebih banyak dari pada IQ anak yang tidak berlatih bermain musik.

Kedua penelitian tersebut jelas menunjukan bahwa bermain musik dapat membuat kecerdasan seseorang menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu kamu dapat menggunakan waktu 10 menit kamu untuk bermain musik setiap harinya.

Berlatih alat alat musik instrumen seperti piano, biola, gitar akustik dapat membuat kecerdasanmu meningkat.

Bermain Musik
3. Bermain Game
Banyak asumsi dari umumnya orang mengatakan bahwa bermain game memberikan banyak dampak negatif.

Namun ternyata hasil penelitian menunjukan bahwa bermain game memberikan banyak manfaat.
Salah satu penelitian tersebut dilakukan oleh Daphne Baverier seorang profesor dari Cognitibe Neroscience di University of Geneva. Dia melakukan riset tentang pengaruh penggunaan game.

Dari penelitian yang dilakukannya ternyata game dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kemampuan otak. Dia menyebutkan bahwa ada 3 manfaat yang dapat diperoleh khususnya yang berkaitan dengan kinerja otak yaitu :
a. Meningkatkan Pengelihatan 
Perhatikan gambar di bawah ini

Seseorang yang memainkan game ternyata memiliki kemampuan pengelihatan yang lebih detail dibandingkan dengan yang tidak bermain game. Pemain game dapat melihat objek objek yang lebih kecil.

Selain itu seseorang yang memainkan game juga memiliki kemampuan untuk mengamati warna dengan lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak memainkan game.

bMemperbaiki Konsentrasi

Gambar di atas adalah salah satu l gambar yang digunakan untuk melakukan test konsentrasi. Hasil tes yang dilakukan oleh Prof. Dephne menunjukan bahwa seseorang yang bermain game lebih mudah fokus pada objek objek tertentu.

Hal itu juga disebabkan karena seseorang yang bermain game sudah terbiasa memusatkan perhatian pada objek tertentu saat bermain game.

c. Meningkatkan Logika
Seseorang yang bermain game juga memiliki kemampuan logika yang lebih baik dibandingkan yang tidak bermain game.

Meski penelitian tersebut menunjukan bahwa bermain game lebih baik dari pada tidak bermain game. Namun Dephne juga menyampaikan bahwa bermain game secara berlebihan tetap memberikan dampak negatif. Sehingga bermain game secara berlebihan harus dihindari.

Maka dari itu gunakan waktu yang tepat untuk bermain game. Jangan berlebihan 10 menit cukup untuk bermain game.

4. Belajar Bahasa Baru
Belajar bahasa baru Seperi bahasa inggris, bahasa arab, jerman, prancis dan bahasa lainnya dapat memberikan banyak selalu manfaat pada perkembangan kecerdasan seseorang.

Dikutip dari kompashealth disebutkan 7 manfaat dari belajar bahasa baru, yaitu:
a. Kelenturan kognitif
b. Otak lebih tajam
c. Melihat dengan cara berbeda
d. Mencegah penyakit yang menyerang otak
e. Kemampuan memecahkan masalah
f. Otak lebih cepat berpindah
g. Dapat mengambil keputusan yang lebih baik.

Kamu dapat meluangkan waktu 10 menit tiap hari untuk belajar bahasa baru, dengan cara seperti :
a. Diskusi dengan teman
b. Bercakap dengan teman asal luar negri (cari teman lewat media sosial seperti FB).
c. Menggunakan aplikasi belajar bahasa baru.