11/21/17

Doa Agar Lancar Berbicara di Depan Umum dan Cara Mengamalkannyai

Tags
Berbicara di depan umum adalah hal yang sulit bagi sebagian orang. Termasuk diriku. Seringkali saya merasa gagap jika harus berbicara di depan umum.


Beberapa teman bahkan memberikan nasehat kepadaku untuk sering-sering berlatih berbicara di depan kaca. Sering-sering berdiskusi dengan teman.

Setiap saran untuk melatih ku berbicara di depan umum sudah saya lakukan.
Alhamdulilah sekarang saya merasa sudah lebih baik dari dahulu.

Namun ada satu hal sebenarnya yang menurut saya dapat membuatku bicara dengan lebih baik di depan umum. Yaitu doa.

Saya tidak tau bagaimana do'a bisa mempengaruhi kemampuan ku. Tapi itu terjadi. Mungkin ini yang disebut dengan kekuatan doa.

Maka sering kali kita mendapatkan nasehat bahwa usaha tanpa doa itu tidak baik. Kaka lengkapi lah usaha-usaha yang sudah kita lakukan dengan doa.

Berikut ini merupakan doa yang dapat membantu kamu untuk berbicara di depan umum :

Doa yang dipanjatkan Nabi Musa AS untuk memperlancar beliau dalam berbicara.

Alkisah Nabi Musa AS setelah mendapatkan wahyu dari Allah SWT diperintahkan untuk menyampaikan wahyu kepada Firaun. Namun Nabi Musa takut, karena beliau tidak  fasih berbicara. Ketidak fasihan tersebut dikarenakan Nabi Musa memiliki cacat pada lidahnya yang diperolehnya sejak kecil saat memakan bara api.

Agar Nabi Musa AS dapat berbicara dengan lancar, maka Nabi Musa AS memanjatkan sebuah doa. Doa tersebut diabadikan dalam Alquran Surat Thaha ayat 25-28, yang berlafadz:


" Robbishrohli shod'ri, wayassirlii amrii, wakhlul 'uqdatammil lisani, yafqohu qouli."

Arti doa tersebut adalah:

" Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku."

Doa ini sering dibaca oleh orang orang yang gugup dalam berbicara di depan umum.

Cara mengamalkan
Doa ini dapat diamalkan dengan cara membacanya sebanyak 11 kali setelah sholat wajib. Dan jika kamu akan tampil untuk berbicara di depan umum maka bacalah doa ini sebanyak 33 kali.

Sangat penting untuk rutin membaca doa meminta kelancaran urusan dan berbicara ini. Maka kamu akan benar-benar mendapatkan manfaat yang sangat besar dari doa ini.

Selain untuk kedua melancarkan urusan dan membuat lancar berbicara. Doa ini juga dapat di baca pada saat belajar dan dapat membantu kamu dalam melancarkan kegiatan belajar, serta lebih mudah menerima ilmu.

Demikian informasi yang saya berikan.

Sumber :www.walisembilan.com