11/25/17

Latihan atau Terapi untuk mengatasi anak kurang konsentrasi


Saya kehilangan konsentrasi

Ketika saya membaca buku dan saya merasakan kesulitan untuk memahami isi dari buku tersebut.

Maka kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu ;

1) buku yang saya baca memiliki struktur penyajian yang sulit di pahami;

2) saya tidak memiliki konsentrasi yang baik dalam membaca isi dari buku ini.

saya mencoba untuk mengganti buku tersebut dengan buku lainnya.

ternyata saya masih kesulitan untuk memahami isi dari buku kedua yang saya baca.

buku ketiga kubaca sebagai pengganti buku kedua dan hasilnya masih sama, dimana saya masih kesulitan untuk memahami isi buku tersebut.

Percobaan sederhana membuatku berasumsi bahwa yang telah membuat kesulitan memahami isi dari ketiga buku tersebut yaitu saya kehilangan konsentrasi.


Apa konsentrasi itu?


Konsentrasi adalah kemampuan seseorang untuk fokus pada suatu hal. Konsentrasi juga disebut sebagai kekuatan seseorang untuk memberikan perhatian khusus pada suatu objek.

Dalam aktifitas sehari-hari konsentrasi dibutuhkan oleh setiap orang.

Konsentrasi yang bagus dari seseorang dapat memberikan banyak manfaat pada dirinya.

Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh bagi seseorang yang memiliki kemampuan. konsentrasi tinggi:

1. Dapat dengan cepat menyelesaikan masalah - seseorang yang memiliki konsentrasi tinggi dapat mengamati detail-detail yang sulit di lihat oleh orang biasa. Seseorang dengan konsentrasi tinggi dapat menemukan masalah  dengan cepat. Hal itu berguna untuk memberikan informasi dalam rangka penyelesaian masalah dengan cepat

2. Lebih cepat membuat pilihan - mampu berkonsentrasi dengan baik dapat memberikan kemampuan untuk membuat pilihan dengan cepat. Manusia membuat keputusan dari analisis terhadap pengetahuan dan data yang telah ia ketahui sebelumnya. Memiliki konsentrasi yang baik membuat seseorang dapat menemukan data data yang tersimpan pada otak lebih cepat dari biasanya. Hal tersebutlah yang membuat seseorang dengan fokus tinggi dapat membuat pilihan dengan lebih cepat.

3. Menumbuhkan ide-ide baru
Memiliki konsentrasi memberikan kekuatan pada memori jangan pendek dan panjang yang kuat. Seseorang yang memiliki kekuatan pada memori mereka membuat mereka dapat menumbuhkan ide-ide baru dengan cepat.

Sebeliknya ketika kita kurang konsentrasi maka kita kesulitan memahami segala sesuatu hal yang membuat kita menjadi lamabat dalam menyelesaikan masalah, lambat dalam menentukan pilihan dan kesulitan untuk mendapatkan ide-ide yang solutif.

Tentu kondisi tersebut merukan kondisi karena kita kurang konsentrasi. Hal yang tidak kita sukai dan kita harapkan. Namun selalu muncul dalam situasi-situasi tertentu.

Pada akhirnya saya membenci untuk kehilangan konsentrasi dalam aktifitas sehari - hari.

Mencoba untuk mengembalikan konsentrasi yang baik adalah sebuah pilihan yang harus saya ambil.

Jadi saya melakukan latihan atau terapi untuk meningkatkan konsentrasi, latihan ini berdasarkan referensi yang ditemukan stevenaitchison dan artofmenliness.

Dari referensi tersebut saya mengambil 5 bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi

5 bentuk latihan atau terapi untuk meningkatkan konsentrasi yaitu :


1. Meditasi Lilin - duduk dengan bersila di depan lilin. Kemudian pejamkan mata. Selanjutnya fikirkanlah hal-hal lainnya selain tentang lilin. Lakukanlah kegiatan tersebut selama 5-10 menit. Kegiatan meditasi lilin tersebut dapat membuat kekuatan konsentrasi meningkat.

Saya menyukai latihan ini, dan saya menemukan diri pada fikiran-fikiran yang begitu relax di kepala. Setelah itu saya mencoba membaca buku dan saya menemukan diri pada kondisi konsentrasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Duduk pada kursi dan pusatkan pandangan pada satu objek - ini adalah cara dimana kamu harus duduk dengan santai pada sebuah kursi, selama 15 menit dan memberikan fokus perhatian pada objek tertentu.

Pada saat mencoba cara ini, saya memulai dengan berlatih untuk duduk dengan santai selama 5 menit. Baru setelahnya dapat secara bertahap meningkatkan waktu hingga mencapai 15 menit untuk duduk tenang dengan relax di atas kursi.

Setelah melakukan hal tersebut benar bahwa saya mendapati kebiasaan santai ini sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi.

3. Mencium Bau

Fokus pada satu bau dari sekian bau yang ada disektarmu
Poin penting pada terapi ini adalah memfokuskan indra kita untuk mendeteksi satu bau saja dari sekian banyak yang dapat tercium.

Ketika saya berjalan di taman bunga saya dapat mengidentifikasi berbagai macam bau di sana. Untuk berlatih meningkatkan konsentrasi saya mencoba untuk memfokuskan pada satu macam bau saja.

Cara lain yang dapat digunakan untuk melatihnya yaitu mengumpulkan berbagai barang dengan bau tajam contoh : durian, mengkudu, jeruk, nangka.

Letakkan buah tersebut pada sekitarmu dan coba untuk mengidentifikasi bau dari buah-buah tersebut. Setelah terindentifikasi sekrang lanjutkan untuk fokus pada satu bau saja.

Hal tersebut membutuhkan intensitas pada indra penciuman serta melatih otak untuk memusatkan perhatian pada satu macam bau saja.

Tujuan dari latihan ini yaitu untuk memusatkan konsentrasi sehingga kita dapat mengendalikan dan mengarahkan fikiran kita.

4. Memusatkan Perhatian Pada Dalam Diri

Saat akan tidur atau saat bernearing di tempat tidur. Letakkan kedua tangan kamu di atas dada kamu. Rasakan detak jantung memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Pusatkan fikiran untuk merasakan bagaimana jantung memompa aliran datang tersebut.

Setelah menemukannya letakkan kedua tangan di samping tubuh kamu, dan tetap rasakan bagaimana aliran darah dipompa oleh organ luar biasa itu.

Latihan ini adalah latihan yang begitu mudah untuk dilakukan secara rutin. Saya mencoba melakukannya ketika hendak tidur dan menjadi latihan faforit saya karena begitu menenangkan.  Latihan ini membuat saya dapat merasakan bagaimana sistem dalam tubuh kita bekerja.

5. Menghitung mundur dari 100-1

Cara ini adalah cara yang mungkin terdengar sederhana untuk dilakukan. Saya menghitung angka dari 100-1.

Meskipun sederhana saat mencoba menghitung mundur dari bilangan 100 ke 1 saya membutuhkan konsentrasi untuk melakukannya. Dengan rutin melakukan hal ini kita dapat melatih konsentrasi kita.

Latihan ini adalah latihan yang dapat tepat jika kita hanya memiliki waktu yang sedikit.

Cara untuk mendapatkan konsentrasi

Pada kondisi tertentu seperti saat belajar, mengerjakan tugas dan bekerja. Kita memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Untuk memperoleh konsentrasi tersebut ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya yaitu :

1. Memusatkan perhatian
Tentu ini adalah hal.paling penting dalam berkonsentrasi yaitu fokus pada 1 bagian saja. Ketika kamu belajar tentang materi sejarah untuk ulangan besok maka nerfokuslah untuk materi sejarah saja.

Jangan terganggu untuk memikirkan materi lainnya Seperi IPA, Matematika atau pelajaran lainnya.

Untuk memfokuskan hal itu, kamu bisa menuliskan hal apa saja yang akan kamu lakukan pada rencana kegiatan di selembar kertas.

Tulis berbagai hal yang akan kamu lakukan satu per satu. Dan lakukan secara urut. Itu akan membantu kamu untukenyelesaikan setiap tugas dengan konsentrasi pada setiap bidangnya.

2. Mengembangkan Gaya Hidup Sehat
Konsentrasi dapat bekerja dengan baik saat kita memiliki gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat meningkatkan jumlah darah dan oksigen yang dibawa ke otak.

Diet sehat, teratur berolahraga dan mengkonsumsi banyak makanan sehat dapat membantu seseorang memiliki otak yang mudah untuk berkonsentrasi pada hal hal tertentu.

3. Tidur cukup
Kelelahan membuat kita kehilangan kemampuan konsentrasi kita. Untuk mengembalikan kondisi kita ke semula maka diperlukan istirahat yang cukup.

Tidur dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kondisi kita menjadi fit sehingga kemampuan konsentrasi kita dapat kembali lagi.

4. Menghilangkan Gangguan
Jika kamu merasa bahwa suara radio mengganggu kamu dalam belajar matikanlah radio tersebut. Begitupun jika suara tv juga mengganggu kamu.

Menghilangkan gangguan artinya menyingkirkan segala hal yang dapat mengalihkan perhatian kamu dari apa yang sedang kamu lakukan saat ini.

Misal kamu ingin belajar materi ujian untuk esok hari. Kamu tau bahwa HP dapat mengalihkan perhatian kamu saat belajar. Maka cara terbaik yang harus kamu lakukan untuk tetap berkonsentrasi yaitu menyingkirkan untuk sementara HP tersebut dari jangkauanmu.

5. Melibatkan berbagai macam indra
Saat kamu mendengarkan guru kamu ceramah (menjelaskan) kamu hanya akan mendapatkan sedikit informasi jika hanya mendengarkan. Pusatkan perhatian dengan melibatkan berbagai organ tubuh lainnya seperti sambil membuat catatan kecil dari apa yang guru kamu jelaskan.

Pada kondisi lain membaca dengan menuliskan catatan kecil juga lebih baik untuk membuat kamu lebih berkonsentrasi dan mengingat apa yang kamu lakukan.

6. Mengaitkan informasi dengan pengetahuan terdahulu
Ketika kaku mendapat informasi baru, pengetahuan kamu yang terdahulu akan terhubung dengan pengetahuan yang baru tersebut. Mengaitkan keduanya berdampak baik untuk memudahkan kamu berkonsentrasi pada apa yang sedang kamu pelajari dan kerjakan.

Ini akan lebih mudah dari pada kamu tidak mengaitkan informasi tersebut pada pengetahuan terdahulu.

7. Membuat Struktur
Cara untuk lebih mudah dalam memahami sesuatu yaitu dengan membuat struktur pada apa yang kamu kerjakan.

Misal kamu mencoba mengingat nomor telepon yang berjumlah 12 dikit. Jika kamu mengingat semua nomor tanpa membuat struktur itu akan sulit. Sebaliknya jika kamu menstruktur nomor tersebut menjadi 4 nomor bagian awal, 4 nomor bagian tengah dan 4 nomor bagian akhir akan membuat kamu lebih mudah dalam mengingat.

Demikian informasi tentang latihan atau terapi yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi.

Kekurangan konsentrasi adalah hal yang sangat tidak si inginkan jadi melatih untuk dapat memiliki konsentrasi yang baik adalah sebuah pilihan yang terbaik.