11/17/17

Syarat Kuliah S2 di Luar Negeri : Tips Untuk Bisa Kuliah di Luar Negeri

Kamu ingin melanjutkan studi kamu di luar negeri?
Tentu banyak hal yang perlu kamu tau terlebih dahulu.
Termasuk syarat-syarat untuk bisa mendaftar dan masuk kuliah di universitas yang ada di luar negeri.

Belajar ke Luar Negeri
Belajar di luar negeri selalu menjadi idaman banyak orang. Selain karen kuliah di luar negri selau nampak lebih berkualitas ternyata ada beberapa hal yang dapat menjadi alasan kamu untuk memilih sekolah di luar negeri, diantarana yaitu:



  1. Kualitas pendidikan yang Lebih Baik - Tidak dipungkiri Indonesia bukanlah negara dengan pendidikan paling maju di Dunia ini. Masih terdapat berbagai negarayang memiliki sistem penidikan lebih maju dari Indonesia saat ini. Maka dengan bersekolah di negara yang leih maju sistem pendidikannya dibandingkan di Indonesia akan membuat mu mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.
  2. Lebih nampak keren - Alasan ini memang aneh, tapi mau dikata bagaimana lagi, masyaraat Indnesia akan memandang bahwa lulusan dari luar negeri selalu tampak lebih keren dari pada yang hanya sekolah di dalam negeri.
  3. Kemampuan bahasa asing kamu akan meningkat pesat - Dengan kualiah di luar negeri secara otomatis kamu akan belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa asing. Khususnya bahasa Inggris. Itu berarti disana kamu nampak seperti les 24 jam berbahasa inggris karena pada aktifitas sehari hari kamu akan memerlukan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar utama.
  4. Kamu akan memperoleh kesempatan untuk memiliki teman dari berbagai negara - Belajar di luar negeri membuat kamu akan menemukan teman-teman baru dari negara baru. Tidak hanya teman-teman dari negara tempat kamu belajar saja. Tetapi dari negara -negara lain yang juga belajar sebagai mahasiswa asing sepertimu. Suka duka bersama sebagai sesama mahasiswa asing akan membuat kamu membentuk ikatan keluarga baru dengan teman-temanmu tersebut. "Menyenangkan".
  5. Pengalaman di luar negri memberikan nilai jual pada saat mendaftar pekerjaan di Indonesia - Dari apa yang sudah kamu miliki kemampuan kognitif, spikap yang ulet, disiplin, kemampuan yang unik, kemampuan bahasa asing dari belajar di luar negeri akan membuat kamu memiliki nilai jual tambah dibandingkan yang lain. Perusahaan akan menilai bahwa kamu adalah sumber daya yang berkualitas dan banyak perusahaan mencari orang-orang sepertimu.
  6. Bertemu orang-orang yang menginspirasi - Saat kamu belajar ke luar negeri dan menjadi mahasiswa di luar negeri kamu akan menemukan teman-teman baru yang juga berasal dari negaramu sendiri. Nanti kamu akan mulai kagum dengan masingmasing dari temanmu yang dapat memberikan inspirasi dari kerja keras yang telah mereka kerahkan.
Untuk dapat kuliah di luar negeri kita dapat memilih atau melakukannya dengan dua cara berbeda. Cara yang pertama yaitu kualiah ke luar negeri dengan biaya sendiri atau dengan kata lain jalur umum. Sedangkan cara yang kedua yaitu kuliah melalui program beasiswa.

Kuliah Ke Luar Negeri Melalui Jalur Umum
Jika kamu ingin kuliah ke luar negeri dan bukan melalui jalur beasiswa, maka hal yang pelu kamu persiapkan yaitu :

1. Memilih tujuan negara kamu kuliah
Setiap negara tentu memiliki ciri ciri khusus yang berbeda dengan negara lainnya, termasuk bahasa, budaya, ekonomi, dan kondisi geografik negaranya. Pelajari terlebih dahulu sebelum menentukan negara pilihanmu. 
Cari tau informasi-informasi seperti :
  • Negara dengan kesempatan kerja paling banyak
  • Negara dengan sistem pendidikan terbaik
  • Negara dengan biaya kuliah paling murah
  • dan info-info lainnya yang kamu butuhkan untuk tinggal dan hidup disana.
untuk informasi lebih banyak silahkan cek di :Study Info.

2. Menentukan Jurusan dan Universitas - Jika kamu sudah lulus dari S1 dan akan melanjutkan ke S2 maka hal terbaik dalam memilih jurusan yaitu jurusan yang linier dengan jurusan kamu di S1. Namun jika ini adalah pengalaman kmau pertama dalam kuliah (masuk S1) maka diskusikanlah dengan orang-orang yang berada disekitarmu. 

3. Mendaftar ke Universitas Pilihanmu
Setelah kamu selesai untuk menentukan jurusan dan universitas maka selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mendaftar ke universitas yang dituju, Untuk mendafatar ke universitas tersebut maka kamu harus mempersiapkan syarat akademis dan bahsa inggris. 

Untuk itu carilah informasi lebih detail dari kampus tujuan tentang syarat syarat yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa di universitas tujuan kamu. Syarat umum kuliah di luar negeri ada dua yaitu : syarat akademik dan syarat bahasa ingris.

Setelah kamu menemukan mengetahui seluru peryaratan yang ditetapkan, langkah selanjutnya yaitu mendaftar kuliah. Perlu diketahui bahwa mendaftar kuliah di universitas luar negeri membutuhkan banyak waktu. Untuk itu kamu harus mempersiapkan segala halnya dengan baik agar dapat diterima di universitas yang menjadi tujuanmu.

Selain itu mendaftar kuliah di luar negeri ukanlah hal yang mudha. Maka dari itu butuh untuk melakukan langkag-langkah yang tepat. Berdasarkan info yang diperoleh dari hotcourses.co.id ada hal yang dapat untuk membantu kamu dalam mendaftar kulah di luar negeri, yaitu:


1. Perhatikan deadline
Memperhatikan deadline penerimaan berkas pendaftaran adalah hal yang penting. Jangan sampai dokumen yang sudah kita siapkan dan saat melakukan pengiriman dokumen tersebut ternyata sudah lebih dari batas waktu yang ditentukan. Hal itu akan membuat usaha kita terasa sia-sia dalam memperiapkan masuk ke universitas luar negeri.

2. Persiapan Intensif
Jika kamu sudah memiliki tujuan untuk kuliah di luar negri, baik di S1 atau S2 maka kamu harus benar-benar mempersiapkan secara intensif hal hal yang menjadi persyaratan agar kamu dapat di terima oleh universitas tersebut.

3. Mencantumkan Kegiatan Ekstrakulikuler
Jika kamu memiliki prestasi dari berbagai bidang ekstrakulikuler maka cantumkanlah. Akan lebih baik jika kamu memiliki prestasi ekstrakulikuler seperti yang dicari oleh universitas tujuanmu, Prestasi dan kemampuanmu dalam berbagai hal akan menunjukan bahwa kamu adalah calon mahasiswa yang berkualitas.

4. Menulis proposal statement
Proposal ini berisikan alasan kmau memilih kuliah di jurusan dari universitas tersebut. Ini adalah hal yang sangat penting. Jadi buat sebaik mungkin yang kmau mampu. Jika perlu minta tolong kepada saudara atau teman yang sudah pernah kuliah di luar negeri cara membuat proposal statement yang baik.

5. Surat rekomendasi dari sekolah atau universitas asal
Cari dosen atau guru kmau yang mengenal karakter dan kemampuan kamu. Mintalah surat rekomendasi dari nya.

6. Mempersiapkan nilai test TOELF atau IELST
Setiap universtas meiliki standar nilai yang berbeda-beda. Pastikan bahwa nilai test kamu cukup untuk dapat masuk di universitas tersebut. Jika dirasa masih kurang maka mengambil latihan lagi dan melakuka tes lagi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik akan menjadi hal yang disarankan.

7. Bicara dengan alumni
Berbicara dengan alumni universitas yang kamu tuju akan memberikan ide ide tentang apa hal yang di cari oleh universitas mu. Selain itu kamu juga bisa bertanya kepada saudara atau teman yang berada di luar negeri untuk meminta saran agar dapat diterima sekolah di luar negeri.


Info Syarat Kuliah S2 di Luar Negeri
untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan akuran tentang kampus temasuk syarat mendaftar, biaya, jurusan dari kampus serta info lebih lengkapnya silahkan lihat pada link di bawah ini:

Review Universitar Populer di Dunia

Daftar Biaya Universitas Dengan Biayanya

Kualiah ke Luar Negeri Lewat Jalur Beasiswa
Cara lain yang dapat kita lakukan untuk kuliah di luar negeri yaitu dengan mengikuti program beasiswa. Dengan program beasiswa kita tidak perlu lagi memikirkan biaya kualiah yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Melalui program beasiswa kita akan mendapatkan uang kuliah serta uang saku untuk keperluan kehidupan sehari-hari. Nyatanya dengan uang saku tersebut banyak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa di luar negeri bisa traveling ke berbagai negara.

Daftar Beasiswa Luar Negeri S2 2018-2019
dikutip dari : beasiswapascasarjana.com 


a. Beasiswa Fulbright 
Dibuka setiap tahun, Beasiswa Fulbright sudah sangat dikenal para pemburu beasiswa. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Amerika Serikat untuk Anda yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di universitas-universitas AS. Beasiswa Fulbright merupakan beasiswa full dan salah satu beasiswa S2 luar negeri yang beasiswapascasarjana.com rekomendasikan. 

Info pendaftaran » Beasiswa Fulbright Pemerintah AS 

b. Beasiswa Prestasi 
Beasiswa S2 di Amerika yang pendaftarannya juga tengah dibuka adalah Beasiswa Prestasi atau lengkapnya USAID Prestasi Scholarship Program. Beasiswa ini bisa Anda manfaatkan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas ternama AS dengan prioritas bidang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. 

Info pendaftaran » Beasiswa Prestasi USAID 

c. Beasiswa Australia Awards 
Beasiswa S2 luar negeri satu ini juga sudah tak asing. Australia Awards Scholarship. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Australia bagi kandidat di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Beasiswa Australia Awards merupakan beasiswa penuh yang menyediakan banyak pilihan program studi prioritas untuk studi di universitas-universitas terbaik Australia. Jika tertarik, Anda bisa mencoba beasiswa Australia Awards 2018 – 2019. 

Info pendaftaran » Beasiswa Australia Awards 

d. Beasiswa NZAS 
Pilihan beasiswa S2 luar negeri 2018 – 2019 yang juga terbuka bagi kandidat Indonesia adalah New Zealand Asean Scholarship (NZAS). Beasiswa ini disediakan Pemerintah New Zealand bagi kandidat di ASEAN untuk melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas New Zealand. Ada cukup banyak program studi prioritas yang ditawarkan. Anda bisa mendaftar secara online atau offline. 

Info pendaftaran » Beasiswa NZAS New Zealand 

e. Beasiswa Chevening
Beasiswa Chevening ditawarkan Pemerintah Inggris bagi pelamar Indonesia yang berminat melanjutkan studi S2 di universitas-universitas Inggris. Beasiswa ini menawarkan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, dll. Pendaftaran Beasiswa Chevening dilakukan secara online. 

Info pendaftaran » Beasiswa Chevening 

f. Beasiswa SISS
Swedish Institute Study Scholarships (SISS) atau Beasiswa SISS merupakan beasiswa S2 luar negeri yang disediakan Kementerian Luar Negeri Swedia. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, perjalanan, serta asuransi bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Swedia. 

Info pendaftaran »  Beasiswa S2 SISS Swedia

g. Beasiswa Unggulan 
Program Beasiswa Unggulan ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain bisa dimanfaatkan untuk kuliah di dalam negeri, Beasiswa Unggulan juga menawarkan beasiswa luar negeri, salah satunya beasiswa S2. Beasiswa Unggulan menawarkan beragam fasilitas bagi penerimanya, seperti biaya kuliah, biaya hidup, ongkos perjalanan, dll. 

Info pendaftaran » Beasiswa Unggulan Kemdikbud 

h. Beasiswa LPDP 
Salah satu program beasiswa lainnya yang disediakan pemerintah untuk studi di luar negeri adalah beasiswa LPDP. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya pendidikan penuh dan menyediakan pendaftaran sepanjang tahun. Salah satu yang tersedia adalah beasiswa S2. 

Info pendaftaran » Beasiswa LPDP Kemenkeu 

i. Beasiswa Rotary 
Namanya Rotary Peace Fellowships. Beasiswa ini menawarkan S2 di sejumlah negara, seperti Amerika, Jepang, Inggris, Australia, dan Swedia. Beasiswa Rotary merupakan beasiswa penuh yang menyediakan kesempatan peminat Indonesia yang ingin mendaftar. Setiap tahun ada 50 kuota khusus beasiswa S2 disediakan Rotary. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Rotary

j. Beasiswa Monbukagakusho 
Beasiswa Monbukagakusho merupakan beasiswa Pemerintah Jepang yang ditujukan pelamar Indonesia yang berminat melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas Jepang. Beasiswa S2 salah satu yang tersedia. Beasiswa ini disediakan penuh yang menanggung kebutuhan studi kandidat terpilih. Biasanya pendaftaran dibuka April. 

Info pendaftaran » Beasiswa Monbukagakusho

k. Beasiswa AUN/SEED-Net
Salah satu beasiswa S2 luar negeri yang juga bisa dicoba adalah beasiswa AUN/SEED-Net atau AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi staf maupun lulusan dari institusi anggota AUN/SEED-Net untuk melanjutkan studi jenjang S2 atau S3. Anggotanya merupakan sejumlah universitas terbaik di ASEAN, seperti UGM, ITB, ITS, dan beberapa universitas di kawasan ASEAN lainnya. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 AUN/SEED-Net 

l. Beasiswa VLIR-UOS 
Bila Anda berminat melanjutkan kuliah S2 di Belgia, Beasiswa VLIR-UOS bisa menjadi pilihan menarik untuk dicoba. Pelamar bisa mendaftar beasiswa ini untuk studi di beberapa universitas terbaik yang ada di Belgia. Tidak saja biaya kuliah, biaya hidup, dan tiket perjalanan, tapi juga disediakan akomodasi, asuransi, hingga tunjangan keluarga. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 VLIR-UOS Belgia 

m. Beasiswa Master Mind 
Masih di Belgia. Selain beasiswa VLIR-UOS, Anda juga bisa memanfaatkan beasiswa Master Mind atau Master Mind Scholarship yang disediakan Pemerintah Flandria, salah satu negara bagian di Belgia. Beasiswa ini memberikan kesempatan kuliah S2 di universitas-universitas Flandria, semisal University of Antwerp atau Gent University. Jika diterima, pelamar hanya perlu membayar biaya kuliah sangat murah. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Master Mind Flandria

n. Beasiswa AMA 
Ini peluang beasiswa S2 di Korea yang ditujukan bagi Anda yang menyukai seni. Art Major Asian (AMA) Scholarship atau beasiswa AMA. Beasiswa ini ditawarkan full untuk program-program studi seni di Korean National University of Arts (K’ARTS). Manfaat yang disediakan, seperti tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, tiket pp Korea, dll. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 AMA K’ARTS 

o. Beasiswa KGSP 
Beasiswa KGSP adalah beasiswa Pemerintah Korea yang ditujukan bagi kandidat internasional yang ingin mengenyam studi pascasarjana di Korea. Beasiswa ini tersedia melalui Korean Government Scholarship Program (KGSP). Anda bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk studi S2 di universitas-universitas Korea. Ada sekitar 66 universitas pilihan yang bisa dilamar. Yang menarik, beasiswa ini juga disediakan full. 

Info pendaftaran » Beasiswa KGSP Pemerintah Korea 

p. Beasiswa Türkiye 
Türkiye Scholarships merupakan beasiswa kuliah yang ditawarkan Pemerintah Turki setiap tahun. Beasiswa ini bisa dimanfaatkan untuk sejumlah jenjang studi, salah satunya S2. Pendaftaran sepenuhnya online dan menawarkan beasiswa full bagi penerima beasiswanya. 

Info pendaftaran » Beasiswa Pemerintah Turki 

q. Beasiswa Taiwan ICDF 
Namanya Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program. Beasiswa Taiwan ICDF menawarkan beasiswa kuliah full di Taiwan. Tidak saja tanggungan biaya kuliah dan biaya hidup yang disediakan, tapi juga tiket pesawat pp Indonesia – Taiwan, tempat tinggal di asrama mahasiswa, biaya kredit kuliah, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta tunjangan buku.  

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Taiwan ICDF

r. Beasiswa Heinrich Böll Foundation
Salah satu beasiswa S2 di Jerman yang bisa Anda manfaatkan untuk studi luar negeri adalah Beasiswa Heinrich Böll Foundation. Beasiswa yang ditawarkan berupa tunjangan sebesar € 750 per bulan serta sejumlah tunjangan pribadi bagi penerima beasiswa S2. Beasiswa dapat dimanfaatkan untuk studi di universitas terapan ataupun universitas seni yang ada di Jerman. 

Info pendaftaran » Beasiswa Heinrich Böll Foundation 

s. Beasiswa StuNed 
Program Beasiswa StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia. Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 berbahasa pengantar Inggris di universitas-universitas Belanda. Beasiswa StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Beasiswa StuNed juga ditawarkan full bagi kandidat Indonesia. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 StuNed di Belanda 

t. Beasiswa Bocconi
Di Italia, kampus satu ini cukup rutin menawarkan beasiswa internasional yang bisa dilamar peminat Indonesia. Namanya Bocconi Scholarships for International Students. Bisa dimanfaatkan untuk studi S2 di Bocconi University. Pelamar bisa mengambil program gelar MSc di kampus tersebut dengan nilai beasiswa € 12.000 per tahun. Pendaftaran beasiswa tersedia dalam lima periode setiap tahunnya. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 di Bocconi University