12/10/17

Cara Menjadi Pintar di Sekolah : 17 Kunci Sukses Belajar di Kelas

Kamu ingin menjadi yang terbaik di kelas?
Lantas apa saja yang kamu lakukan?

Jika kamu sudah belajar setiap malam, mengerjakan PR terus menerus,

namun belum berhasil untuk menjadi juara kelas.

Sepertinya kamu perlu membaca tips untuk menjadi juara kelas di bawah ini.

"No Pain No Gain"



Tidak ada rasa sakit, tidak ada hasil besar yang akan kamu dapatkan.
Kurang lebih begitulah makna dari uangkapan di atas.

Untuk menjadi juara atau yang terbaik dibutuhkan usha yang keras.

Pada artikel ini saya akan membagikan 17 hcara yang menjadi kebiasaan juara kelas selalu dilakukan saat belajar.

Apa saja hal tersebut berikut ini penjelasannya:


1. Mereka Tidak Menghabiskan Waktu Berjam-am Hanya Untuk Mmebaca Buku Teks Pelajaran

Jangan Belajar Hanya Dengan Membaca Buku

Jika menurut kamu membaca buku pelajaran akan membuat kamu jauh lebih pintar, itu adalah kesalahan. Para siswa pintar di Amerika tidak membaca buku berlama-lama, mereka lebih memilih untuk melakukan variasi dalam belajar. Seperti belajar dengan mencari referensi di google, menonton video youtube tentang pengetahuan yang ia pelajari dan melakukan praaktik latihan.


2. Mereka Selalu Mencari Tau : Google Adalah Segalanya
Gunakan Google untuk belajar mandiri

Orang pintar bukan orang yang mengerti saat di jelaskan oleh orang lain. Bukan seorang siswa yang saat dijelaskan oleh gurunya dia paham, kemudian mengerti setiap konsep yang di jelaskan guru pada papan tulis di depan kelas. Lebih dari itu para juara selalu mencari lebih. Setelah di jelaskan guru dia akan mencoba untuk emncari penjelasan lebih detail dari pada yang dijelaskan guru. Rasa ingin tau mereka kini mudah untuk di salurkan. Melalui google ia dapat tau banyak hal.


3. Mereka Menguji Diri Mereka Sendiri
Menguji diri anda akan memperkuat koneksi informasi yang ada di otak anda. Orang pinta selalu melakukan latihan tersebut untuk menjaga koneksi informasi mereka. Untuk menjadi lebih pintar dari hari-ke hari. Siswa perlu untuk emlakukan pengujian secara teratur. pengujian yang dia lakukan akan amembuat mereka memiliki pengetahuan dan ingatan yang kuat. Pengujian dapat dilakukan dengan cara elakukan latihan-latihan soal.

4. Belajar dalam waktu singkat namun teratur
orang yang cerdas tidak menghabiskan waktu sepanjang malam hanya untuk ujian di keesokan harinya. Hasil yang akan diperoleh akan kontraroduktif dengan akan yang dia kerjakan. Belajar terbaik yaitu dengan waktu yang singkat, itu akan lebih mudah untuk membantu kita dalam berkonsentrasi. Sistem alami otak kita juga menyampaikan bahwa otak dan tubuh membutuhkan istirahat untuk menjaga tingkat konsentrasi.

5. Mereka belajar untuk memecahkan masalah
Coba untuk pecahkan maslaah

Belajar terbaik adalah belajar untuk memecahkan masalah. Jika kamu belajar untuk memecahkan masalah otak akan bekerja dengan menyambungan satu informasi dan informasi lainnya selanjutnya otak akan menganalisis dan memberivatu solusi yang harus dilakukan. Belajar dengan memecahkan masalah memberikan kegiatan belajar yang lebih kompleks.

Dibandingkan hanya belajar tentang kapan, fungsi suatu hal, berpa jumlah, yang sifatnya mengingat. Maka belajar untuk memecahkan maslaah jauh-jauh lebih baik dan akan membuat kamu jauh lebih pintar. Selesaikan maslah-masalah seperti soal-soal: dengan pertanyaan "mengapa'.
Mengapa ini bisa begini?
Mengapa nilainya bisa begini?
Mengapa ada ini dan ada itu?
Bagaimana seharusnya ini dan itu bekerja smaa?

Dengan menyelesaikan maslaah-masalah tersebut akan membuat otak kita bekerja dengan menghubungkan konsep-konsep. Otak kita akan belajar untuk "bekerja" ya kita sebut sebagai otak yang bekerja untuk mencari solusi. Hal tersebut adalah kunci untuk memiliki pengetahuan yang lebih dalam.

6. Mereka Tidak Menyoroti (Menstabilo) Apapun yang mereka baca
Beberpaa orang mengatakan untuk dapat lebih memahami inti dari apa yang mereka baca di buku maka berikan stabilo pada bagian-bagian penting di buku tersebut. Namun hal tersebut terkadang membuat binung. Dan hanya terfokus pada hal-hal yang sedikit.

Pada satu sisi anda akan meninggalkan beberapa bagian penting lainnya yang akan membantu anda untuk memahami asepek-aspek pelajaran secara menyeluruh. Maka dari itu dari pada menyoroti bagian-bagian yang menurut anda penting akan lebih baik jika anda mencatat kembali bagian penting. Menurut ahli belajar dengan menggabungkan beberapa indra dapat meningkatkan pemahaman terhadap apa yang dipelajari. Dengan membaca secara menyeluruh kemudian mencatat bagian pentingnya kamu dapat menyimpulkan hal penting pada buku tersebut.

7. Menyediakan Waktu TIdur yang Cukup
Hal ini terjadi pada bidang apapun, apakah kamu seorang pelajar yang ingin meraih prestasi tinggi, kamu seorang pekerja, kamu seorang atlet, kamu membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak. Idealnya dala sehari kamu melakukan pekerjaan keras 4-6 jam. Sementara waktu istirahat terbaik untuk tidur yaitu 9 jam per malam.

Dengan tidur anda akan mengembalikan atau memberikan waktu kepada saraf-saraf otak untuk mengorganisasi informasi yang telah kamu dapatkan dalam sehari belajar, atau bekerja. TIdur juga akan mengembalikan kemampuan konsentrasi kamu.

8. Selalu mencoba untuk mengingat sesuatu?
Pada waktu luang mereka akan menemukan hal-hal di sekitarnya. Seperti saat menonton televisi dia melihat sebuah berita tentang letusan gunung berapi. Dia akan mencoba mengingat informasi-informasi yang ia miliki tentang gunung merapi.
Seperti : kapan terakhir kali gunung merapi meletus di Indonesia? dia akan mencoba mencari tau ingatannya.

atau berapa jumlah korban bencana gunung berapa di DIY?
Dengan mencoba untuk mengingat informasi-informais tersebut, seseorang melatih otak dia untuk meudah mengingat.

9. Mencari Jalan Terbaik Untuk Belajar Saat Bertmu Guru yang Membosankan
Kita percaya bahwa tidak semua guru baik untuk kamu, maksudnya yaitu tidak semua guru memiliki gaya mengajar yang seseuai dengan dirimu. Akan menyebalkan jika dirimu menemukan guru yang menurut kamu mengajar dengan terlalu cepat sehingga membuat kamu bingung dengan apa yang sedang di pelajari, atau kamu mendapatkan guru yang menurut kamu terlalu lambat sehingga membuat kamu menjadi bosan dengan apa yang kamu pelajari itu.

Para pelajar pintar belajar dengan cara mereka sendiri. Ketika menemukan guru yang tidak cocok, dia mencoba utnuk mengantisipasinya. Jadi agar waktuku saat belajar di kelas tidak terbuang apa yang harus aku lakukan? itulah pertanyaan yang akan da ajukan.

Misal gurunya terlalu cepat, maka dia akan menggunakan pencil untuk emncatat setiap poin-poin pentingnya. jadi orang pintar belajar dengan cara mereka untuk emncari solusi dari kondisi yang tidak mereka inginkan.

10. Mereka Selalu Belajar Lebih
Di kelas sudah belajar, di rumah mengerjakan PR. Apakah masih ingin belajar lebih banyak lagi? Jawaban para pelajar TOp adalah YA mereka akan belajar lebih dan lebih. Jika di sekolah di ahnya mendapatan materi A dan B, maka dia akan belajar lebih secara mandiri dengan lebih detail tentang A dan B dan C menjadi ABC, ACB, CAB.

Belajar lebih terbukti membantu untuk membentuk kerangkan berfikir yang lebih baik untuk subjek materi yang anda pelajari.

11. Belajar dengan membangun sebuah cerita
Cerita memudahkan kita untuk mengingat

Mungkin kamu sudah belajr berulang-ulang tentang kapan jepang masuk ke Indonesia, kapan negara BPUPKI dibentuk? Siapa yang memberikan usul pancasila? jika kamu belajar dengna cara mengingat hal tersebut, bahkan anda belajr secara terus menerus. . . yang terjadi adalah bosan, terlebih belum tentu ingatan tersebut akan bertahan lama.

Coba bayangkan jika kamu mendengar sebuah cerita tentang sejaran perang dunia II, diceritakan bahwa jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942. . . dan seterusnya kamu tidak belajar mengingat tapi kamu hanya perlu memahami cerita. Kamu tau saat itu Bung Karno memberikan pandangannya tentang ideologi negara, dan lain sebagainya. Kamu akan merasakan cerita tersebut dan itu membuat kmau dapat mengingat informasi-informasi tersebut dengan leih mudah.

12. Siswa TOP Belajar dari kesalahan mereka
Saat selesai ulangan, guru membagikan hasil uangan. Siswa biasa akan melihat hasil ulangan tersebut dan kemudian memasukkan ke dalam tas untuk di simpan selama-lamanya. Hingga pada ulangan berikutnya dia mencoba melihat soal-soal mereka kembali, hanya untuk mengira-ngira apakah soal yang akan dikeluarkan oleh gurunya selanjutnya.

Sedangkan siswa TOP saat menerima lembar hasil ujian akan melihat kesalahan mereka, kesalahan tersebut kemudian segerap ia pelajarai dan bertanya jika masih belum paham.

13. Mereka sibuk dengan berbagai kegiatan lainnya
Seorang yang sukses belajar, tidak menghbiskan seluruh waktunya hanya untuk belajar di depan bukunya. Mereka memiliki berbagai macam aktifitas lainnya. Seperti ikut organisasi, ekstrakulikuler yang dapat meningkatkan keaktifannya. Hal tersebut membantu anda untuk emiliki mental yang jauh leih baik.


14. Mereka mencari tau Seperti detektif apa yang guru mereka katakan
Siswa yang pintar adalah siswa yang selalu ingin tau, memiliki rasa ingin tau akan mendorong seseorang untuk belajar dan belajar. Siswa-siswa top akan memperhatikan setiap ucapan yang disampaikan oleh guru mereka, sembari mencatat konsep-konsep penting serta menemukan hal-hal yang belum ia pahami. Catatan-catatan tersebut selanjutnya sebagai sumber pada apa yang harus mereka cari tau. Layaknya detektif mereka mencari tau dengan sangat detail hal-hal tersebut.


15. Mereka tidak menunggu datangnya motivasi


Motivasi datang dan pergi, terkadang kita memiliki motivasi belajr yang tinggi, namunterkadang hilang begitu saja. Seseorang yang pintar tidak belajar dengan menunggu datangnya motivasi. mereka belajar dengan frekuensi yang teratur.

16. Mereka menciptakan panduan belajar mereka sendiri
Siswa terbaik tidak belajar seperti apa yang dikatakan orang. Dia memahami cara belajar mereka sendiri. Pemahaman mereka bersumber dari rutinitas belajar yang mereka geluti. Sehinggi bagi mereka tidak ada yang lebih paham tentang cara mereka belajar dibandingkan diri mereka sendiri. Oleh sbab itu mereka akan mulai untuk membuat panduan mereka belajar.

Dimulai dari waktu, cara belajar, cara berlatih, dan bentuk ujian yang akan mereka gunakan untuk belajar.

17. DIa memahami tanggung jawab mereka untuk belaajr
Hanya siswa terbaik yang memahami bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk belajar. Dengan mehami tanggung jawabnya mereka akan mengerahkan segala upya untuk dapat belajar dengan baik dan serius. Mereka akan merasa berslah jika tidak belajar dengan baik, rasa bersalah tersebut menjadi pemacu bagi mereka untuk belajar dengan lebih baik.