12/17/17

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet, Jurnal, Buku, Undang-Undang dan Makalah Serta Contohnya

Karyatulisku - Contoh Daftar Pustaka Skripsi (Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Makalah dan Internet)

Apakah daftar pustaka itu?
Dalam penulisan sebuah karya tulis ilmiah, baik itu penulisan skripsi, tessis, disertasi, makalah, artikel ilmiah, dan jurnal. Kita diminta untuk menuliskan daftar pustaka.



Penulisan daaftar pustaka biasanya kita buat pada bagian akhir penulisan karya tulis ilmiah. Biasanya kita menulisnya setelah "bab penutup".
Maka dari itu pada artikel ini,kita akan mengupas tuntas cara untuk menulis daftar pustaka yang baik dan benar,

Baca Juga:
Contoh Kerangka Berpikir Ilmiah dan Langkah-Langkah Menyusun Kerangka Berpikir
20+ Contoh Latar Belakang Skripsi (Pendidikan, Ekonomi, Psikologi, Sejarah dan Kesehatan)

Pengertian Daftar Pustaka
Dikutip dari wikipedia "Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis.

Berdasarkan pengertian tersebut maka kita tahu bahwa daftar pustaka selalu ditulis dibagian akhir sebuah karaya, seperti pada penjelasan awal bahwa daftar pustaka ada di bagian setelah bab penutup (khusus pada penulisan laporan seperti skripsi, tessis, disertasi, dan lainnya). Daftar pustaka berisikan informasi tentang penulis, judul tulisan (judul buku, atau artikel ilmiah yang menjadi referensi), identitas penerbit, dan tahun penulisan. 

Ada juga informasi tentang waktu pengutipan, ini biasanya dilakukan jika penulis mengutip sumber dari internet. DImana dalam penulisan daftar pustaka penulis wajib mencantumkan waktu penulis mengutip sumber tersebut.

Tujuan Daftar Pustaka
Tujuan dari dibuatnya daftar pustaka pada penulisan karya ilmiah secara umum ada dua, yaitu:

  1. Daftar pustaka ditulis guna memberikan informasi kepada pembaca tentang deskripsi secara menyeluruh dari sumber bacaan yang menjadi acuan penulis dalam membuat suatu karya tulis ilmiah.
  2. Daftar pustaka ditulis dengan tujuan untuk memudahkan pembaca menemukan sumber asli dari informasi kutipan yang ditulis dalam karya tulis ilmiah.
Baca Juga:
Contoh Rumusan Masalah Proposal Penelitian (Rumusan Masalah Deskriptif, Komparatif dan Asosiatif)
20 Contoh Rumusan Masalah Deskriptif dan Hipotesisnya

Contoh Daftar Pustaka
Contoh Daftar Pustaka


Manfaat Daftar Pustaka
Dengan menuliskan daftar pustaka pada sebuah karya tulis ilmiah, maka penulis maupun pembaca dapat memperoleh manfaat dari daftar pustaka, yaitu:

  1. Sebagai sumber penulisan - Dengan mencantumkan daftar pustaka, penulis sebuah karya tulis ilmiah telah menunjukan bukti. Bahwa penulisan karya tulis tersebut berdasarkan sumber-sumber yang terpercaya. Penulis tidak sembarangan dalam menyusun karya tulis ilmiah. Sehingga dengan bukti yang kuat maka karya yang dibuat oleh penulis memiliki kualitas yang baik.
  2. Sebagai bahan rujukan dalam penulisan lainnya - Dengan menuliskan daftar pustaka pembaca dapat mengetahui sumbermanakah yang digunakan oleh penulis dalam menyusun karya tulis ilmiahnya. Jika pembaca ingin untuk melakukan penelitian atau pembuatan karya tulis yang berhubungan dengan hal tersebut maka dapat melihat daftar pustaka untuk menemukan referensi ataua rujukan yang tepat.
  3. Bahan pengecekan kembali - Dengan menulis sebuah daftar pustaka, maka seorang penguji (misalnya menguji sidang skripsi) dapat mengecek apakah sumber dalam penulisan sebuah karya tersebut sah. Apakah karya yang dibuat asli. Sehingga dapat diperoleh sebuah karya tulis yang baik.
  4. Mengetahui sumber yang jelas - Dengan menulis sumber pustaka, maka sebuah karya menjadi memiliki data berupa sumber yang jelas. Tanpa daftar pustaka, maka sebuah karya tidak memiliki kekuatan. karena tidak diketahui landasan berfikir, teori dan data-data yang mendukung.

Jenis-Jenis Daftar Pustaka
Jika kita menulis sebuah karya tulis ilmiah, terkadang kita tidak hanya menggunakan sumber atau referensi dari satu jenis rujukan saja. Kita terkadan membuat tulisan dengan rujukan dari buku, jurnal, artikel ilmiah, koran, makalah, bahkan juga dari internet. Hal tersebutlah yang menyebabkan pada daftar pustaka memiliki berbagai macam jenis penulisannya.

Struktur penulisan antara sumber satu dengan sumber lainnya bisa berbeda. Misalnya penulisan daftar pustaka dari skripsi dengan penulisan daftar pustaka dari buku. Ada susunan yang berbeda.
Meskipun mereka berbeda-beda, namun perbedaan diantara mereka tidak terlalu besar.

Berikut ini jenis-jenis daftar pustaka

  1. Daftar pustaka dari buku
  2. Daftar pustaka dari makalah
  3. Daftar pustaka dari skripsi, tessi, dan disertasi
  4. Daftar pustaka dari jurnal
  5. Daftar pustaka dari ensiklopedia
  6. Daftar pustaka dari koran
  7. Daftarpustaka dari majalah
  8. Daftar pustaka dari internet
  9. Daftar pustaka dari dokumen negara

baca Juga :
Memahami Perbedaan dari Pengertian Valid, Validitas, dan Validasi Data
Contoh Proposal PTK SD Kelas 4 : Peningkatan Hasil Belajar Matematika dg Pendekatan Matematika Realistic

Cara Menulis Daftar Pustaka
Cara menulis daftar pustaka itu sangat mudah.

Umumnya daftar pustaka teridir anatar 5 unsur, yaitu:
nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, tempat terbit dan nama penerbit.

Sebagai contoh:

Ada buku dengan penulis Pak Bejo Suratman, Pak Bejo ini menulis buku dengan judul "Materi Ilmiah" buku tersebut di terbitkan pada tahun 2018 di Bandung oleh penerbit buku terkenal Ebooking.

jika penulis menggunakan buku tersebut, sebagai sumber referensi dlam tulisan ilmiahnya. maka penulis dapat membuat daftar pustaka seperti berikut.


Suratman, Bejo. 2018. Materi Ilmiah. Bandung: Ebooking

Keterangan :

  1. Nama penulis di balik, Jika namanya Bejo Suratman, maka paa daftar isi, kita cantumkan menjadi Suratman, Bejo.
  2. Jika namanya terdiri dari tiga kata, maka gunakan nama paling belakang sebagai nama depan. Misal namanya adalah "Sofyan Hadi Sudarman" maka di tulis "Sudarman, Sofyan Hadi". 
  3. Anatara nama dan tahun terbit dipisahkan oleh tanda titik (.).
  4. Judul buku (judul dari sumber referensi) ditulis miring.
  5. Antara judul dengan nama kota (tempat terbit) dipisahkan oleh tanda (.).
  6. Anatara nama kota dengan penerbit dipisahkan oleh tanda titik dua (:).

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet
Daftar Pustaka Dari Internet


Untuk menulis daftar pustaka pada internet, tidak lah sulit. Karena sistematikanya mirip-mirip dengan penulisan pada daftar pustaka lainnya.

Unsur dari daftar pustaka pada internet terdiri dari:
  1. nama penulis
  2. tahun tulisan dipublikasikan
  3. judul
  4. link (alamat url)
  5. tanggal dan tahun di kutip (waktu)
Contoh :
Seorang penulis menggunakan sumber di internet untuk melengkapi data dalam penelitiannya. Dia mengunjungi situs badan pusat statistik untuk mengumpulkan data pada tanggal 20 Januari 2018. Dia menemukan data yang ia cari dengan judul jumlah pengangguran di kota medan. Penulis dari artikel tersebut adalah Sutisna Rama. Sementara tulisan tersebut ditulis oleh Rama dan dipublikasikan pada tanggal 20 Oktober 2016.

Berdasarkan cerita tersebut, maka daftar pustaka dari internet dapat ditulis sebagai berikut:

Rama, Sutisna. 2016. Jumlah Pengangguran di Kota Medan. www.bps.com/jumlah-pengangguaran-di-kota-medan, (dikutip pada tanggal 20 Jauari 2018). 


Contoh Daftar Pustaka
Agar pembaca dapat lebih mudah memahami daftar pustaka dan cara penulisannya, silahkan lihat contoh berikut ini.

Contoh daftar pustaka dari jurnal

Daftar pustaka jurnal ditulis seperti daftar pustaka pada buku, dimana unsurnya meliputi nama penulis, tahun, judul. Hanya saja setelah itu dituliskan nama jurnal, volume dan nomor jurnal serta halaman artike.

Misal :
Penulis mengutip informasi dari jurnal dengan nama "Jurnal Pendidikan" volume 2 nomor 1 tahun 2012. ia mengutip salah satu tulisan dari Doni Anhar yang berjudul "Pengaruh kemahalan barang pada daya beli". Informasi yang dikutip ada pada halaman 20-30

Berdasarkan hal tersebut maka dapat dituliskan contoh dari daftar pustaka pada jurnal sebagai berikut:

Anhar, Doni. 2012. "Pengaruh kemahalan barang pada daya beli". Jurnal Pendidikan. 2 (1). 20-30


Contoh daftar pustaka dari internet
Terkadang saya menemui dosen yang tidak memperbolehkan mahasiswanya menggunakan internet sebagai daftar pustaka. Namun kenapa tidak dibolehkan padahal dia sering mencari informasi juga melalui internet. Jika alasan internet tidak menyajikan data yang pasti benar. Maka jangan sekali-kali kita mencari data dari internet.

Namun sebenarnya menggunakan daftar pustaka pada internet diperbolehkan. buktinya banyak kampus yang pedoman penyusunan skripsinya memiliki cara menulis daftar pustaka dari internet.

Contoh :

Aminah, Rina. 2016. Pendidikan Karakter Bangsa Itu Penting. www.kompasiana.com/pendidikan-karakter-bangsa-html. (diunduh pada Januari 2018)

Contoh Daftar Pustaka Makalah
Daftar Pustaka Makalah

Pada saat mengikuti seminar, biasanya akan ada makalah yang disajikan. Makalah tersebut pada dasarnya dapat digunakan sebagai sumber referensi dalam penulisan karya ilmiah.

Dalam menuls makalah tersebut, yang harus diperhatikan adalahsetelah penulisan judul, yaitu menuliskan "makalah disajikan dalam . . . . diikuti nama pertemuan, lembaga penyelenggara, dan tempat-tanggal penyelenggaraan.

Contoh :

Feronika, Abdia. 2017. "Peningkatan Mutu Sekolah di Pusat Kota Semarang". Makalah disajikan dalam seminar nasional HIMA PGSD UPGRIS> Semarang. 12 Juli 1997.

demikian informasi yang dapat kami bagikan. Semoga membantu para pembaca dalam menulis daftar pustaka.