8/28/18

Pengertian Etika Profesi dan Kode Etik

Pengertian Etika Profesi dan Kode Etik

Etika Profesi

Etika

Mengkutip dari Wikipedia Etik atau Etika berasal dari kata "ethikos" (Bahasa Yunani kuno), yang berarti "timbul dari kebiasaan" (karakter) adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika sangat berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh setiap individual ataupun kelompok untuk menilai suatu tindakan yang dianggap benar atau salah dan baik atau buruk. Etika memiliki seperangkat nilai dan norma untuk mengkontrol suatu tindakan yang dilakukan benar atau salah, patut atau tidak dan baik atau buruk. Etika memberikan standar bagaimana harusnya seseorang melakukan suatu tindakan.

Profesi

Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan penguasaan terhadap pengetahuan khusus. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dengan pekerjaan lainnya. Biasanya suatu profesi memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk suatu bidang profesi. Sering kali profesi dikaitkan dengan pekerjaan. Namun, tidak semua pekerjaan adalah profesi.
Etika Profesi

Pengertian Etika Profesi

Menurut Kaiser dalam (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7) mengemukakan “Etika profesi merupakan sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat.” Etika profesi adalah sikap etis dalam menjalankan kehidupan. Sebagai pegemban profesi harus serta menerapkan prinsip-prinsip moral dan norma dalam bidang khusus (profesi) kehidupan manusia. Etika profesi memberikan standar yang mengatur bagaimana seharusnya seseorang melakukan suatu tindakan. Etika profesi memiliki konsep dasar yang telah ditetapkan dan disepakai pada tatanan profesi lingkup kerja tertentu. Misalnya: jurnalistik dan pers, pemogramer, medis atau dokter, dan lain sebagainya.


Prinsip dasar etika profesi

Prinsip Dasar Etika Profesi

1.Tanggung Jawab
Setiap pengemban profesi wajib hukumnya dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan apa yang harus diselesaikan dan bertanggung jawab penuh atas hasilnya.
2.Adil
Prinsip ini menuntut untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. Memberikan sesuatu sesuai dengan porsinya.
3.Kompeten
Pada prinsip ini para pelaku kerja dituntut melaksanakan pekerjaan sesuai profesi professionalnya, berkompetensi dan memilki ketekunan.
4.Professional
Pelaku kerja dapat berperilaku konsisten dengan bereputasi profesi.
5.Kerahasiaan
Dapat menjaga dan menghormati kerahasiaan informasi.

Kode Etik Profesi

Kode etik profesi adalah nilai, norma, dan aturan tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang baik dan benar, dan apa yang tidak baik dan tidak benar bagi professional profesi. Tujuan kode etik adalah agar professional memberikan pelayanan sebaik baiknya kepada kostumer. Dengan adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak professional.

Fungsi kode etik profesi

Sumaryono (1995) mengemukakan 3 alasannya yaitu :
  1. Sebagai sarana kontrol sosial
  2. Sebagai pencegah campur tangan pihak lain
  3. Sebagai pencegah kesalahpahaman dan konflik

Kesimpulan

Etika profesi adalah sikap etis professional dengan nilai dan norma yang ada pada saat ini dalam kehidupan manusia. Tujuannya adalah agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan melindungi perbuatan tidak professional. prinsip etika profesi ada 5 yaitu tanggung jawab, adil, kompeten, professional, dan kerahasiaan.