9/4/18

5+ Cara Download Jurnal Internasional dengan GRATIS di Sciencedirect, Library Genesis, dan SCI-HUB

5+ Cara Download Jurnal Internasional dengan GRATIS

Download Jurnal Internasional dengan GRATIS

Bagi teman-teman yang membutuhkan jurnal internasional untuk berbagai macam keperluan seperti untuk riset, penelitian, atau hanya sekedar bersenang-senang dengan ilmu pengetahuan, maka kamu wajib membaca artikel ini dengan baik. Baca dengan seksama guys!!

Sebenarnya sudah banyak situs yang menyediakan jurnal-jurnal internasional, namun sayangnya jurnal tersebut tidak semuanya dapat di download secara cuma cuma alias gratis. Melainkan terdapat lebih banyak jurnal berbayar yang justru dikarenakan jurnal berbayar yang notabene memiliki kualitas yang berbeda bahkan lebih bagus, hal ini membuat mahasiswa kebingungan karena budget yang minim tidak cukup untuk membeli kemudian mendownload jurnal berbayar tersebut. pengalaman saya banget kalo ini. hehehe :)

Jika kita ingin mendapatkan jurnal yang berbayar terdapat 3 cara agar kita bisa mendownload jurnal berbayar yaitu: Pertama, dengan cara membeli jurnal-jurnal berbayar tersebut dengan harga yang lumayan menguras kantong (mahal). Kedua, dengan cara memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kampus atau universias (biasanya kampus telah meberikan layanan akses jurnal internasional dengan menggunakan akun students/education). Ketiga, dengan mendownload jurnal berbayar secara gratis. Yang sering saya pakai adalah opsi yang ketiga.

Sebelumnya ingin saya sampaikan bahwa artikel ini disusun hanya untuk pengetahuan dan tidak ada maksud untuk membuat rugi pada pihak-pihak tertentu.

Download Jurnal Internasional Open Access GRATIS (Jurnal Terbuka)

Untuk tipe yang pertama, ada beberapa jurnal internasional terbaik -menurut saya- yang memberikan jurnal open source, diantaranya yaitu:


Emerald Publishing Limited - Akses Jurnal dengan Gratis
1. Emerald Insight
Emerald Publishing Limited adalah penerbit ilmiah jurnal dan buku-buku akademis dibidang manajemen, bisnis, pendidikan, studi perpustakaan, perawatan kesehatan, dan teknik.
 
ScienceDirect - Akses Jurnal dengan Gratis

2. Science Direct
ScienceDirect adalah situs web yang menyediakan akses berlangganan ke pangkalan data penelitian ilmiah dan medis. Situs ini mengandung lebih dari 12 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik.

DOAJ - Akses Jurnal dengan Gratis

3. Directory of Open Access Journal
Directory of Open Access Journals (DOAJ) DOAJ adalah direktori online yang prakarsai oleh komunitas yang mengindeks dan menyediakan akses ke akses terbuka yang berkualitas tinggi



Elsevier - Akses Jurnal dengan Gratis

4. Elsevier
Elsevier adalah salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis terbesar di dunia dan perusahaan teknologi yang didirikan tahun 1880. Elsevier sekarang bagian dari RELX Group. Sebelum tahun 2015, Elsevier bernama Reed Elsevier. Artikel-artikel dalam jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Elsevier telah mengalami peer review dan setelah diterima, secara langsung dan permanen gratis bagi semua orang untuk membaca dan mengunduh.

Springer - Akses Jurnal dengan Gratis

5. Springer
Springer Science+Business Media atau Springer adalah perusahaan penerbitan global yang menerbitkan buku, buku elektronik, dan jurnal tinjauan sejawat di terbitan-terbitan sains, teknik, dan medis.

JSTOR - Akses Jurnal dengan Gratis

6. JSTOR
JSTOR adalah sebuah perpustakaan digital yang didirikan tahun 1995. Perpustakaan ini sebelumnya berisi terbitan jurnal akademik yang terdigitalisasi. Sekarang, koleksinya juga mencakup buku-buku dan sumber primer, serta terbitan jurnal terbaru.

Jika kamu ingin membaca jurnal yang berbahasa Indonesia, ya… begitu pasti kalian sudah tau, tidak banyak yang dapat disampaikan. Kalau mau membaca jurnal yang berbahasa Indonesia, saran saya baca saja di instansi perpustakaan milik badan pemerintahan seperti Perpustakaan Nasional, LIPI, Balai Besar Keramik, Balai Besar Tekstil, BATAN, pangkalan data jurnal ilmiah Indonesia (ISJD), E-Jurnal, atau baca aja di perpustakaan kampus.


Download Jurnal Internasional Berbayar secara Gratis

Lanjut ke tipe selanjtnnya yaitu jurnal berbayar yang kita BUAT SECARA GRATIS.Yang perlu diketahui bahwa sebenarnya ini adalah tindakan ILEGAL.

A. Liben.org (Library Genesis)

Salah satu cara untuk mendownload jurnal internasional secara gratis adalah dari Library Genesis: Scientific Articles. Berikut adalah langkah-langkah mendownload secara gratis :

 1. Buka sciencedirect.com, maka akan terlihat tampilan sebagai berikut :

Halaman ScienceDirect
 2. Masukkan kata kunci untuk jurnal internasionalnya, misalnya biodiesel, lalu tekan Enter.

Masukkan kata kunci
 3. Pilih Jurnal Internasional yang ingin kamu download dengan mengkliknya. Saya akan mengambil contoh dari yang saya lingkari.

Pilih Jurnal yang kamu inginkan
 4. Copykan kode doi yang tertera pada jurnal. Terlihat seperti contoh biasanya dimulai dari angka 10.

Copykan kode seperti pada lingkaran
 5. Buka Library Genesis: Scientific Articles . Tampilannya akan terlihat seperti ini :

Halaman Library Genesis
 6. Pastekan kode doi tadi. Lalu tekan enter.

Pastekan kode jurnal
 7. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Hasil Pencarian
 8. Nah, jika sudah muncul seperti gambar di atas, klik bagian yang saya lingkari berikut ini.

Klik seperti pada lingkaran
 9. Maka akan muncul tanda download dari idm, walaupun tidak memiliki aplikasi idm juga tetap dapat mendownloadnya. tinggal klik start download.
Jurnal berhasil di download
Yess, Jurnal Internasional berhasil kita download.


2. SCI-HUB

Sci-Hub adalah search engine atau mesin pencari secara online untuk mencari makalah, artikel, dan jurnal penelitian. Lebih dari 64.500.000 jurnal penelitian tersedia di sini dan tiap hari selalu ada penambahan jurnal.

Berikut adalah langkah langkah nya:

1. Langkah pertama -kamu harus tau dulu identitas jurnal yang kamu inginkan-. Misalnya kamu lagi buka salah satu jurnal di springer, namun sayangnya si jurnal ini gak bisa dibaca full version (alias harus bayar), kalau mau download versi lengkapnya harus dibeli dulu. Biasanya terdapat keterangan jurnal berupa judul dll, tapi yang terpenting itu nomor serial DOI.
springer - akses jurnal berbayar secara gratis

2. Langkah kedua -buka website sakti andalan sejuta umat peneliti-. Langsung saja kunjungi website dari SCI-HUB (http://sci-hub.tw/) atau ketik kata sci hub pada mesin pencarian google (mengingat situs tersebut sewaktu-waktu berganti domain). begini tambipan halaman utamanya.
SCI-HUB akses jurnal berbayar secara gratis

3. Kamu tinggal copy pastekan DOI / bisa juga dengan URL nya di kolom yang tersedia lalu enter, daaan voila! Jurnal kamu bisa didownload tanpa harus bayar. It's Magic.

Demikian cara mendownlad jurnal internasional dengan gratis yang dapat admin karyatulisku dapat sampaikan. semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. dan saya berpesan gunakanlah dengan sebijak-bijaknya. Terimakasih sudah berkunjung.