9/7/18

[SPSS] Cara Menggunakan SPSS untuk Mengolah Data Statistika

[SPSS] Cara Menggunakan SPSS untuk Mengolah Data Statistika

cara menggunakan spss untuk mengolah data statistika

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi SPSS? mungkin ada. Tetapi, bagi mahasiswa yang akan skripsian khususnya harus tau aplikasi yang super magic ini. Aplikasi SPSS akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah kita mengenai berbagai macam data. dari data tunggal  hingga data majemuk.

Disini kita akan belajar bersama bagaimana cara menggunakan SPSS untuk Penaksiran Parameter, Pengujian Hipotesis, Analisis Regresi dan Korelasi, serta ANOVA (Analisis Varians)?

Perhitungan statistika dalam penelitian sangat diperlukan perannya. Hampir di segala bidang membutuhkan perhitungan statistika untuk keperluan penelitian. Penggunaan statistika ini supaya meyakinkan peneliti terkait data yang diperoleh, misalnya nih dalam penentuan kesimpulan.
Dari perhitungan statistika memang ada yang sederhana dan ada pula yang sedikit kompleks. Perhitungan statistika yang kompleks inilah yang terkadang memerlukan bantuan mesin komputasi seperti kalkulator ataupun komputer.

Di era teknologi yang semakin maju, penggunaan komputer untuk perhitungan statistika pun semakin meningkat. Terciptanya aplikasi-aplikasi yang membantu kita dalam perhitungan semakin memudahkan pengguna dalam mengolah data. Salah satu aplikasi tersebut adalah SPSS atau Statistical Package for the Social Sciences yang diciptakan oleh spss inc. dan sekarang dikelola oleh IBM.

Mengenal Software SPSS

SPSS merupakan sebuah aplikasi pengolah data yang bisa dikatakan lengkap akan fitur-fitur khususnya dalam perhitungan statistika. Berbeda dengan aplikasi lain, SPSS lebih memfokuskan diri pada perhitungan statistika untuk penelitian sains ataupun sosial. SPSS banyak digunakan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains.

SPSS pertama kali diciptakan pada komputer personal atau PC dengan nama SPSS/PC+ yang masih menggunakan versi dos. Seiring dengan berkembangnya sistem operasi pada saat itu, SPSS terus dikembangkan untuk OS windows misalnya dari versi 6.0 hingga sekarang yang sudah memiliki versi 25.

Pada awalnya, SPSS memiliki singkatan Statistical Package for the Social Sciences karena memang pada saat itu aplikasi ini dikhususkan untuk riset ataupun penelitian seputar sosial dan sains. Tapi seiring berkembangnya zaman, fitur yang ada terus ditambah sehingga sekarang SPSS memiliki kepanjangan Statistical Product and Service Solutions.

SPSS dikelola pertama kali oleh SPSS inc. dan dari 2009 hingga sekarang telah diakuisisi oleh perusahan besar IBM. Aplikasi ini memiliki fitur kompleks yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain yang serupa.

Instalasi Software SPSS

Untuk memasang aplikasi SPSS pada Komputer kita, pertama kali harus mengunduh aplikasi SPSS dari situs resmi IBM nya. Dikenakan biaya untuk menggunakan aplikasi ini atau mencoba aplikasi SPSS dengan masa 14 hari trial. Jika sudah mendapatkan file SPSS nya, maka lanjutkan penginstallan seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

Baca Selengkapnya: Cara Instalasi Software SPSS

Cara Menggunakan SPSS

Kali ini kita akan bahas mengenai Penaksiran Parameter, Pengujian Hipotesis, Analisis Regresi dan Korelasi, serta ANOVA (Analisis Varians)



Sekian sedikit pengetahuan yang dapat admin karya tulis sampaikan. semoga artikel Cara menggunakan SPSS untuk mengolah data statistika bisa bermanfaat. Terimakasih.