9/2/18

50+ Dekorasi Kamar Terbaik yang Menginspirasi untuk Keluarga, Anak Kecil, Anak Kost, dan Pengantin Baru

Dekorasi Kamar Terbaik

Dekorasi kamar Terbaik

Apakah kamu bingung mencari ide terbaik untuk desain kamar kamu?
Kamar adalah tempat untuk terbaik bagi seseorang untuk menghabiskan banyak waktu.
Kamar tidur memiliki banyak fungsi, kamar tidur dapat digunakan sebagai tempat tidur yang nyaman, ruangan yang memamerkan kepribadian Anda, serta tempat untuk membaca dan bersantai. Dari semua hal ini, yang terpenting, adalah kenyamanan.


Sebagaus apapun anda mendesai kamar anda, namun jika anda tidak betah dengan apa yang ada di kamar anda dengan kata lain anda tidak NYAMAN, maka segera ubah desain kamar tidur anda.

Sedikit Cerita Kamar Tidur Bagi Saya . . .

Bagi saya kamar adalah ruang segalanya, selain area relaksasi, kamar tidur juga dapat difungsikan sebagai ruang untuk mencari inspirasi. kamar adalah ruang favorit bagi banyak orang, semua kebutuhan berada di ruang itu. Untuk menciptakan kenyamanan, semenarik mungkin kita dapat menata interior rumah sesuai kepribadian masing-masing.

Langkah-Langkah Melakukan Dekorasi Kamar Tidur

1. Menentukan Tema
Langkah awal yang harus kamu tentukan untuk mendesain sebuah interior kamar tidur yaitu menentukan tema. Artinya kamu harus memiliki gamaran terlebih dahulu tentang konsep seperti apa yang anda inginkan dari kamar tidur anda nantinya.

ada beberapa macam tema kamar tidur yang bisa kamu gunakan, diantaranta yaitu:
  • Tema kamar sandinavia : Kamar dengan tema ini memiliki ciri-ciri kamar  kaca jendela besar, dinding, dan langit-langit yang dicat putih, tirai putih, selimut putih, dan tone netral pada bantal dan permadani, perabot dan lantai kayu.
  • Tema Kamar Elektik : Kamar dengan tema ini adlaah kamar yang menggabungkan unsur historik, baru dan asli. Kamar ini memiliki ciri-ciri yaitu : warna-warni cerah dengan penekanan pada pola-pola geometris dan dekorasi bernuansa dinamis dan ceria.
  • Tema Retro : Kamar dengan tema ini bergaya vintage retro merupakan genre pop art yang menonjolkan desain ruang yang mengulang kembali gaya masa lampau, misalnya era 40-an hingga awal awal 70-an. Jika Anda menyukai koleksi yang berhubungan dengan genre musik rock and roll, punk rock, hip hop, disco, dan budaya hippies yang mewarnai dan menandai era tersebut.
  • Tema Tradisional Rustic : Kamar dengan tema ini memiliki desain dekorasi eperti kamar-kamar tradisional. Dekorasi kamar dengan gaya tema ini menunjukan kesan sederhana namun mewah. Dengan tema ini kamu akan membawa nuansa pedesaan pada kamar kamu. Ciri dari kamar ini menonjolkan elemen kayu pada dinding, perabot, lampu, dan juga struktur ruangnya. 
  • Tema Centuy : Tema pada dekorasi kamar ini menonjolkan nuansa moderen di dalamnya. menampilkan gaya arsitektur, interior, produk, dan desain grafis yang umumnya menggambarkan gaya desain pada pertengahan tahun 1950-an. Dibanding dengan kesederhanaan Scandinavian, gaya mid-century modern ini lebih bernuansa vintage.
2. Menentukan Warna Utama
Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya yaitu menentukan dasar dari warna yang akan kamu gunakan. Warna ini sangat penting karena akan menentukan nuansa kamar secara keseluruhan. Ada beberapa pilihan warna yang mungkin dapat kamu pertimbangkan, diantaranya.

  • Warna netral : Untuk desain kamar tidur sempit, sebaiknya pilihlah warna netral, seperti krem, coklat muda, atau putih. Warna netral membuat ruangan terkesan lebih lapang. Warna gelap seperti hitam atau ungu akan membuat kamar tidur Anda tampak lebih kecil dan sempit.
  • Warna Hangat : kombinasi warna hangat yang mengingatkan pada panas dan sinar matahari, cobalah warna oranye, emas, coklat, merah, kuning, dan warna tanah yang bisa membuat kamar sempit pun terasa super nyaman dan intim.
  • Warna Sejuk : kombinasi warna biru, hijau, dan ungu muda yang memberikan kesan teduh dan menenangkan. Warna sejuk mengingatkan kita pada air dan langit, yang cocok untuk desain kamar tidur sempit agar tampak lebih lapang.
  • Warna Gelap : Jika Anda menyukai warna yang lebih gelap dan lebih dramatis tetapi takut mengecat seluruh kamar tidur, Anda bisa mengecat warna gelap hanya pada satu dinding sebagai aksen. Anda tidak perlu menggunakan warna gelap untuk membuat kamar tidur Anda terasa nyaman.
3. Memberikan Sentuhan-Sentuhan Unik
Untuk memberikan kesan tersendru pada kamar tidur anda. Anda dapat memberikan sentuhan-sentuhan unik pada kamar anda. Sentuhan ini dapat berupa hiasan-hiasan yang bisa anda berikan pada sekitar ruangan anda. Bisa di atas, samping, di lungkungan kamar anda.

4. Memberikan pencahayaan yang tepat.
Ketika akan tidur, pencahayaan tentunya perlu diatur sedikit redup sehingga kamar lebih nyaman untuk beristirahat. Namun ketika pencahayaan terlalu gelap, maka aktivitas lainnya yang dilakukan di kamar ini bisa terganggu. Maka dari itu jarak antar lampu dengan berbagai zona dalam ruang perlu diperhatikan. Tidak hanya itu, warna lampu dan intensitas cahaya juga perlu disesuaikan dengan kamar tidur. Berikut beberapa tips untuk mendesain pencahayaan di kamar tidurmu.

Memiliki berbagai sumber cahaya dapat menciptakan perasaan hangat dan mengundang di kamar tidur Anda. Jika Anda hanya memiliki satu sumber cahaya di kamar Anda, pertimbangkan untuk menambahkan sesuatu yang baru. Cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis lampu, seperti lampu meja, lampu lantai, lilin artifisial (dioperasikan dengan baterai), lampu gantung, atau lampu dinding.

 Dan inilah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan pencahayaan kamar
  • Ukuran Lampu : Sebelum membeli lampu pencahayaan untuk kamar tidur, sangat penting dirimu untuk mengukur ukuran kamar. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi jenis lampu yang dapat digunakan dalam ruang dan jarak penerangannya. Pilihlah lampu yang dapat mengayomi keseluruhan ruang dalam zona-zona tertentu. Tentunya jika kamu pergi ke showroom pencahayaan, ahlinya akan membantumu untuk menemukan pencahayaan yang tepat.
  • Ketinggian Ruang : Masih berhubungan dengan ukuran lampu, ketinggian ruang akan mempengaruhi pencahayaan. Ketika plafon terlalu tinggi, lampu yang digunakan bisa berupa lampu gantung untuk menjangkau berbagai area lainnya di kamar. Ketinggian pencahayaan juga akan berbeda di setiap zona yang membutuhkan. Seperti pada lampu meja belajar, akan difokuskan mengarah ke buku dan segala macam barang di meja. Sedangkan pada area merias, lampu dari depan ke arah muka akan lebih baik sehingga dapat merias diri lebih baik.
  • Biarkan Ruang Menyala : Tentukan aktivitas utamamu dalam kamar tersebut. Prioritaskan pencahayaan dengan kegiatan yang paling sering dilakukan dalam kamar. Area dengan aktivitas yang membutuhkan detail seperti bermain computer, menjahit, ataupun membaca membutuhkan pencahayaan secara langsung. Sedangkan pada area bersantai, pencahayaan bisa dilakukan dengan memantulkan cahaya sehingga secara tidak langsung menerangi area tersebut secara lembut.
  • Lokasi Lampu : Perlu dirimu ketahui, bahwa pencahayaan kamar tidak boleh langsung berada di atas tempat tidur. Karena dirimu akan terus menatap lampu jika sedang berbaring dan membuatmu susah untuk beristirahat.
  • Gunakan Lampu Secukupnya : Pencahayaan pada kamar cukup dengan lampu yang terpasang di plafon dan juga lampu portable berupa lampu meja. Jika terlalu banyak sumber pencahayaan tentunya akan membuat ruangan terasa tidak nyaman dan terlalu mencolok.
  • Optimalkan lampu Baca : Lampu portable tentunya sangat penting untuk mereka yang suka membaca buku ketika akan tidur. Membeli lampu untuk membaca perlu diperhatikan pada kemampuan lampu yang dapat menyesuaikan keinginan pemilknya hanya dengan mengubah arah perletakkannya. Lampu harus terlingkup dengan baik sehingga bohlam tidak tampak dari luar. Pencahayaan akan mengarah fokus ke beberapa barang saja sehingga tidak akan mengganggu orang lain yang tidur dalam ruangan yang sama.

 

Inilah Beberapa Ide Dekorasi Kamar Untuk Kamu

1. Dekorasi Kamar Pengantin 

Berikut ini beberapa ide kamar yang dapat menjadi ide untuk kamu dekorasi sebagai kamar pengantin baru  
Dekorasi kamar pengantin 1

Dekorasi kamar pengantin2

Dekorasi kamar pengantin 3

Dekorasi kamar pengantin 4

Dekorasi kamar pengantin 5

Dekorasi kamar pengantin 6

Dekorasi kamar pengantin 7

Dekorasi kamar pengantin 8

 

Ada beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan dalam mendekorasi rumah pengantin, diantaranya yaitu :


Dalam mendekorasi kamar pengantin ini sifatnya memang susah-susah gampang. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Dibawah ini ada enam hal penting bagi Anda untuk mendekorasi kamar pengantin.
  1. Rembukan bersama. Hal ini penting mengingat kamar pengantin adalah kamarnya Anda berdua saja dengan pasangan. Hindari perbedaan pendapaat yang berlebih,  Anda dan pasangan harus saling terbuka dengan ide satu sama lain.
  2. Penentuan Tema dan Warna. Setelah rembukan bersama dan menemukan konsensus bersama saatnya Anda dan pasangan memilih tema dan warna apa yang cocok untuk kamar pengantin. Yang sederhana, glamor, santai atau romantis. Untuk warnanya, percaya atau tidak secara psikologis warna dapat membangkitkan sesuatu, entah itu gairah, romantis sampai relaksasi. Warnanya bisa merah, putih, kuning keemasan, ungu, hijau, dan yang lainnya.
  3. Sprei, Gordein dan Kasur. Hal ini terkait dengan perlengkapan kamar tidur, ada baiknya jika Anda memilih seprei dengan bahan yang halus, seperti sutra dan bantal dengan tekstur lembut agar kegiatan bercinta jadi lebih menyenangkan. Untuk pemilihan gordein, Anda bisa memilih dengan motif bunga untuk menambah nuansa romantis. Pilihlah gordein berbahan ringan dan lembut, misalnya satin. Sedangkan untuk tempat tidurnya, pilihlah yang  berukuran besar dengan bahan kayu ataupun metal. Untuk kamar tidurnya, Anda bisa menggunakan kanopi atau tidak, secara keputusan ada di tangan Anda.
  4. Bunga. Apalah artinya jika kamar pengantin Anda tidak ada rangkaian bunganya. Bunga, selain mempercantik ruangan juga dapat membangkitkan kesan romantisme.  Selain itu bunga juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan di kamar pengantin. Namun, ada baiknya untuk hal ini Anda juga harus rembukan dulu bersama pasangan, salah-salah salah satu pasangan Anda alergi bau pasti akan repot jadinya jika ada bunga di kamar pengantin.
  5. Hiaslah Ranjang untuk mempercantik kamar pengantin, Anda dapat menggunakan kain-kain yang berwarna netral atau cenderung soft, seperti warna putih. Untuk menambah kesan romantis, Anda dapat melilitkan kain yang berwarna putih di sudut-sudut kamar tidur Anda.
  6. Atur Pencahayaan. Untuk cahaya, aturlah cahaya sebaik mungkin jangan terlalu terang maupun gelap. Lampu dengan pencahayaan yang tepat akan membawa mood yang positif bagi Anda dan pasangan.


2. Dekorasi Kamar Anak

Berikut ini ada beberapa ide yang dapat kamu gunakan dalam mendekorasi atau mendesain ruangan anak anda supaya menarik dan nyaman untuk buah hati tercinta.

Dekorasi kamar Anak 1

Dekorasi kamar Anak 2

Dekorasi kamar Anak 3

Dekorasi kamar Anak 4

Dekorasi kamar Anak 5

Dekorasi kamar Anak 6

Dekorasi kamar Anak 7

Dekorasi kamar Anak 8

Dekorasi kamar Anak 9

Dekorasi kamar Anak 10

Dekorasi kamar Anak 11

Dekorasi kamar Anak 12

Dekorasi kamar Anak 13

Dekorasi kamar Anak 14

Dekorasi kamar Anak 15

Dekorasi kamar Anak 16

Dekorasi kamar Anak 17






Dalam Mendesain Sebuah Kamar Anak ada Hal-Hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:
dikutip dari nikita, Berikut ini daftarnya:
"Pertama, harus dibuat daftar apa saja kebutuhan anak tersebut, yang kedua, ruangannya harus sehat, memiliki pencahayaan yang cukup, suhu ruangannya cukup, dan juga tekstil dari properti contohnya kain katun untuk tempat tidurnya,"

Sementara dari dekoruma, ada 4 tips yang harus kamu perhatikan dalam mendekorasi kamar untuk anak, diantaranya yaitu :

1. Bermain dengan warna yang pas
Hal paling pertama dalam menata dekorasi ruang bermain adalah menentukan tema warna dari ruang bermain. Ruang satu ini memang identik dengan dekorasi ruang bermain yang penuh warna. Namun, kamu nggak bisa sembarang memilih warna jika ingin memberikan atmosfir yang maksimal pada ruang anak.

2. Storage
Storage atau laci anak merupakan furniture wajib untuk dekorasi ruang bermain anak kamu. Karena diperuntukkan untuk anak, lemari penyimpanan yang digunakan untuk dekorasi ruang bermain pastikan memiliki ukuran yang mampu dijangkau si kecil.

3. Perabot Cukup, lantai Luas dan Nyaman
Untuk dapat difungsikan sebagai ruang bermain yang maksimal, tentu si kecil membutuhkan ruang gerak yang memadai. Minimalisir penggunaan dekorasi ruang bermain berupa perabot-perabot yang berukuran terlalu besar atau yang tidak diperlukan. Hal ini akan memberikan lantai terbuka yang lebih luas sehingga si kecil bisa bermain dengan leluasa di lantai.

4. Gunakan Material Dekorasi yang aman
Memastikan keamanan dan kekuatan dari dekorasi ruang bermain anak adalah hal yang sangat penting. Mengingat yang menggunakan ruangan adalah si kecil, kecerobohan sedikit saja dalam dekor ruang bermain bisa berakibat fatal.

Pastikan hal-hal seperti cat dinding dan perabot plastik tidak mengandung racun. Hindari juga dekorasi ruang bermain yang memiliki sudut-sudut tajam. Perabot lengkung tanpa sudut bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi resiko benturan yang berbahaya.

3. Dekorasi Kamar Anak Kost

Jika kalian adalah anak Kost, maka ada beberapa halangan yang membuat anda kadang tidak bisa mengekspresikan kemauan anda dalam menata ruang kamar anda. Mungkin karena ada aturan dari penyedia kost, atau kost kamu tidak tinggal sendiri dalam 1 kamar sehingga kaang kala ada perbeaan pendpat yang membuat kamu tidak bebas berkreasi mendekorasi sebuah kamar impian yang nyaman buat kamu.

Ohh iya selain itu, masalah utama yang mungkin mengganjal anak kos untuk berkreasi adalah ruangan yang sempit.
Namun disini ada beberapa ide yang bakal membantu kamu untuk menentukan desain kamar kost sehingga jadi lebih indah, berikut ini beberapa desain untuk kamar kost kamu.

Dekorasi Kamar Kost 1

Dekorasi Kamar Kost 2

Dekorasi Kamar Kost 2

Dekorasi Kamar Kost 3

Dekorasi Kamar Kost 4

Dekorasi Kamar Kost 5

Dekorasi Kamar Kost 6

Dekorasi Kamar Kost 7

Dekorasi Kamar Kost 8

Dekorasi Kamar Kost 9

Dekorasi Kamar Kost 10

Dekorasi Kamar Kost 11

Dekorasi Kamar Kost 12

Dekorasi Kamar Kost 13

Dekorasi Kamar Kost 14

Dekorasi Kamar Kost 15

Dekorasi Kamar Kost 16

Dekorasi Kamar Kost 17

Dekorasi Kamar Kost 18

Dekorasi Kamar Kost 19

Demikian beberapa contoh dari dekorasi kamar terbaik yang bisa kami berikan.