9/2/18

Jelaskan Letak Geografis Indonesia? Materi Lengkap Letak Geografis Indionesia

Jelaskan Letak Geografis Indonesia?

Letak Geografis Indonesia

Jika kamu tinggal di negara Indonesia, kamu seharusnya merasa beruntung lho. kenapa? karena wilayah geografis negara Indonesia berada di posisi yang sangat strategis. ya benar sekali.

Sebelumnya, taukah kamu apa itu letak Geografis? Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis, dan sosial budaya.

Berdasarkan letak geografisnya, negara kepulauan Indonesia berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi jalur silang, yang mempunyai arti penting yang berpengaruh bagi indonesia.

Lalu apa saja pengaruh letak geografis Indonesia?

Sudah kita ketahui Indonesia terletak di antara dua samudera besar (Samudra Hindia dan Samudera Pasifik). Dengan demikian Indonesia mempunyai dampak akan dilalui angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain itu, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus setiap enam bulan sekali.

Selain memiliki iklim tropis, Indonesia juga memiliki keragaman budaya dalam bidang seni, bahasa san sastra, peradaban sejarah, teknologi, dan agama. Hal ini disebabkan oleh letak negara Indonesia yang berada di cross position. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara-negara sekitar karena lokasi yang strategis dan kegiatan perdagangan pun meningkat.

Adapun batas batas wilayah secara geografis negara Indonesia yaitu :
  • Bagian Utara Indonesia berbatasan dengan Selat Malaka, Laut Andaman, Samudera Pasifik, Laut Cina Selatan dan Malaysia Timur.
  • Bagian Selatan Indonesia berbatasan dengan Benua Australia, Laut Timor Timur, Samudera Hindia dan Laut Arafura.
  • Bagian Barat Indonesia berbatasan dengan Samusera Hindia.
  • Bagian Timur Indoneisa berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Irian Jaya (Papua).


Faktor Pendukung

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya letak geografis ditentukan pula oleh berbagai segi aspek, yaitu diantaranya astronomis, fisiografis, geologis, dan sosial budaya. Berikut akan dijelaskan tentang aspek pendukungnya.


Faktor Pendukung - Letak Antronomis Indonesia

1. Astronomis

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah atau negara yang dilihat dari garis lintang dan garis bujur astronomisnya. Letak astronomis ini merupakan posisi yang absolut dari sebuah keseluruhan wilayah. Sedangkan secara astronomis, Indonesia terletak di 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur) - 141oBT (Bujur Timur). Nah, pasti mau tahu apa saja sih keuntungan yang Indonesia miliki dengan posisi strategis tersebut?
Pada garis lintang akan memberikan pengaruh kepada :
  • Curah hujan menjadi tinggi
  • Terdapat hutan hutan tropis yang luas
  • Sinar matahari terus bersinar sepanjang tahun
  • Rata rata kelembaban udara yang tinggi
Sedangkan pengaruh pada garis bujur menyebabkan indonesia memiliki 3 wilayah waktu.


A. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)
Daerah Indonesia yang berada di bagian barat memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayah Indonesia yang masuk WIB antara lain Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

B. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)
Wilayah Indonesia bagian tengah memiliki selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayah Indonesia yang masuk WITA antara lain Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

C. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)
Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayah Indonesia yang masuk WIT antara lain Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

2. Geologis

Letak geologis adalah letak suatu wilayah yang didasarkan pada keadaan batuan yang ada di permukaan bumi. Secara geologis Indonesia terletak diantara 2 sirkum, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik dan juga berada dalam 3 lempeng utama dunia yaitu Lempeng Australia, Eurasia dan Pasifik. Posisi inilah yang menyebakan Indonesia merupakan negara yang rawan gempa dan memiliki banyak gunung api yang masih aktif.

Karena banyak gunung api yang masih aktif tidak heran jika tanah di Indonesia ini sangatlah subur, ini disebabkan karena adanya erupsi dari gunung api yang menyebabkan tanah menjadi subur dan dapat ditanami berbagai jenis tumbuhan. Selain itu secara geologis Indonesia juga berada diantara 2 dangkalan yang besar, yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Hal ini menyebabkan laut bagian Timur dan Barat Indonesia memiliki laut yang dangkal sedangkan laut bagian tengahnya dalam. Selain itu letak geologis ini juga menyebabkan Indonesia menjadi kaya akan tambang mineral karena memiliki laut yang luas.

3. Fisiologis

Letak fisiografis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari segi fisiknya seperti segi garis lintang dan garis bujur, posisinya dengan wilayah lain, jenis-jenis batuan yang ada, relief permukaan bumi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan laut. Jadi dapat disimpulkan bahwa letak fisiografis adalah rangkaian dari letak astronomis Indonesia, letak geologis Indonesia, letak geografis Indonesia dan batasan kelautan Indonesia.

Dimana negara ini dikelilingi oleh 3 lautan besar yang merupakan batasan dari kelautan, yaitu pada bagian Timur Indonesia berhadapan dengan Samudera Pasirik, pada bagian Selatan Indonesia berhadapan dengan Samudera Hindia dan pada bagian Utara Indonesia berhadapan dengan Laut Cina Selatan. Posisi inilah yang membuat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati laut yang menarik perhatian dunia.

Sosial Budaya Indonesia - Letak sosiologis

4. Sosial Budaya

Sosial budaya atau sering disebut sebagai letak sosiologis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari keadaan sosial dan budaya yang berkaitan dengan negara lain. Secara umum kondisi sosial budaya Indonesia sangat beragam jika dilihat dari suku, kebudayaan dan agama yang ada. Keanekaragaman inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang unik. Dimana setiap suku, budaya dan agama yang ada memiliki ciri khas masing-masing, akan tetapi hal tersebut tidak menimbulkan kesenjangan sosial sehingga masyarakat Indonesia hingga saat ini hidup dengan damai.