Showing posts with label CATATAN HARIAN. Show all posts
Showing posts with label CATATAN HARIAN. Show all posts

7/28/16

Sulit Tidur Karena SM3T? Bisa Jadi

Karena Insomnia (Sulit Tidur)

Malam itu saya sulit tidur, terlalu banyak yang difikirkan sehingga otak terus bekerja dan tidak dapat beristirahat dengan baik. Kesalahan saya selanjut yaitu karena saya meminum segelas kopi hangat sebelumnya sehingga lebih sulit untuk tidur. Ya kesulitan saya itu karena paginya saya akan menghadapi ujian seleksi SM3T berupa tahap seleksi akademik. Jadi banyak sekali yang difikirkan berupa ketakutan terhadap imajinasi imajinasi negatif pada otak.

Saya masih ingat pagi itu jam.03.00 dini hari, saya masih terjaga dari tidur. Saya memutar otak untuk mencari solusi mengatasi kondisi yang tidak menyenangkan ini. Coba bayangkan jika sampai saya tidak tidur (karena saya sering tidak tidur) apa yang akan terjadi saat saya mengikuti tes dikeseokan harinya. Mata menjadi pedas, otak tidak mampu berkonsentrasi. Itulah yang akan terjadi dan menjadi bayang bayang diotak yang menambah sulitnya tidur d malam atau pagi itu. Namun semakin saya mencari solusi untuk tidur semakin sulit pula saya menjadi tidur.

Kemudian,

Kuambil hp Sony model lawas yang cukuplah untuk menghibur diri disaat stress melanda. Kutekan icon popular yang dapat memutarkan jutaan video sesuka hati dan digandrungi banyak kaula muda saat ini yaitu YouTube. Kemudian kuketikan beberpa kali kata kunci untuk kunyalakan dan kumainkan video video yang telah kupilih. Diantaranya yaitu : sleeping instrument 30 minutes. Sebuah instrumen musik yang dapat menenangkan kita saat tidur. Saat musik mulai mengeluarkan alunan merdunya, kuletakkan SONY lawas itu berdiri miring di dinding kamar. Selanjutnya kucoba untuk memjamkan mata sebisaku.

15 menit berlalu, saya masih memejamkan mata namun bayang bayang akan banyak hal masih berputar putar diotakku. Berfikir akan soal test yang sulit, fikiran jika tidak lolos, fikiran tentang pekerjaan yang belum selesai dan masih menumpuk membuat mata yang harusnya sudah terpejam kini masih terjaga.
Karena tak kunjung tidur kuganti video lainnnya. Saat itu saya ganti dengan video musik arabian. Dengan harapan lagu lagu arab lebih menenangkan. Dua lagu berbahasa arab meniringi usahaku untuk tidur namun tetap saja tidak bisa. Begitu juga saat saya mengganti music arab dengan lagu lagu lainnnya. Namun akibat gonta ganti video dan musik, aku menjadi semakin melek. Hampir 1 jam lamanya saya memainkan video pada situs berbagi video tersebut. 

Mataku melirik pada jam yang ada di dinding kamar, sekarang jam 4. Hah? Aku harus tidur protesku dalam hati. Akhirnya kuletakan HP yang sedari tadi didekatku pada tempat yang jauh. Kututup mata rapat rapat. 

Dan . . . 

Orangtuaku sudah membangunkanku. Saya ingat semalam memohon kepada ibuku untuk dibangunkan jam 5 pagi. 

Saya tidak tau apakah saat itu saya sudah tidur atau belum.
Saya harus bangun fikirku. Dan mempersiapkan diri untuk berangkat mengikiti Test SM3T.

4/25/16

Sahabatku Niken Dari Purwodadi ke Semarang

Niken Servanda namanya sering saya panggil dengan niken saja. Dulu saat pertama bertemu dia tidak mengenakan hijab, rambutnya lurus sedikit bergelombang, dengan poni didepan dan rambut belakang yang ikat kuncir kuda. Matanya bulat memancarkan cahaya malaikat dan dia adalah teman yang murah senyum kepada siapa saja. Jadi sangat nyaman untuk berteman dengannya.Dia adalah typekel wanita yang energi saya sering dibuat kagum oleh semangatnya dan keuletannya dalam menyelesaikan setiap masalah.

Dengan baju putih celana rok hitam, dia berjalan layaknya anak laki laki, tomboy mungkin sekilas yang saya bayangkan saat diawal belum mengenalnya, tawanyapun terbahak bahak keras layaknya seorang pria. Sisi feminimnya sepertinya dia tinggalkan.

Sekarang dia mengenakan hijab, dengan baju lengan panjang dan rok panjang, jalannyapun tak bisa seperti dahulu dengan langkah lebar. Namun tertawanya.masih belum berubaha terbahak bahak. Kini sepertinya cahaya dimatanya telah dilindungi oleh dua buah lensa kaca Mata. Entahlah.

Intensities kita bertemu yaitu saat kita berdua bersama sama menjadi asisten laboratorium. Ya kita sering bekerja bersama saat itu. Bersama asisten laboran lainnya niken lah yang membuat ruang diskusi asisten menjadi super rame. Bahkan tanpa dia teriakpun suaranya sudah nyaring. Niken.menjadi asisten laboratorium setelah ada pemilihan atau seleksi asisten laboran Di tahun 2014. Kurang lebih 2 semester kira bersama2 menjalankan.tugas sebagai asisten laboratorium, dia tampak cekatan dengan segala job deskripsi yang dia peroleh. Dengan percaya diri saat dia harus mengisi sebuah kelas.laboratorium dia bisa menghendel dengan bagus. Jalannya praktik di laboratorium pun selalu lancar apabila ada dia. Dia nampak paling tau dibandingkan dengan yang lainnya.
Berkat prestasi prestasinya diapun dinobatkan sebagai lulusan terbaik PGSD. IPK nya tinggi menunjukan bahwa dia memang berilmu. Kini dia telah mengajar sebagai guru Di salah Satu SD Negri di Kota Purwodadi. Semoga disana lancar sahabat.

Saya doakan yg terbaik selalu. Tulisan ini saya tulis supaya selalu ingat pada kamu sahabat.

Mahasiswa Bicara Tentang Dosen

Sebagai mahasiswa yang hidupnya juga dengan mahasiswa, yang bergaulnya dengan mahasiswa dan yang bertemanya dengan mahasiswa saya sering sekali mendengar pendapat mahasiswa terhadap dosen. Baik itu pendapat yang baik maupun yang kurang baik.

Namun sejatinya tidak adalah dosen yang tidak baik, kata dosen mengandung arti pada gurunya para mahasiswa. Lah mahasiswa itu sendiri adalah siswa yang "maha" besar. Haduh definisi macam apa. Pokoknya siswa yang sudah gede yang lebih gede dari pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Guru mahasiswa itu gak ADA yang gak baik, kata dosen itu adalah sebuah kata yang terhormat. Dan keren untuk didengarkan.

Dosen memang tidak pernah dihujat, melainkan nama dibelakang kata dosennyalah yang bisa dan sering dihujat Hal tersebut tidak lepas dari segala perangai yang dilakukan oleh nama nama tersebut.

Akh maaf tulisan diatas.terasa seperti tulisan yang nelantur. Kurang fokus dan tidak relevan dengan tujuan penulisan diawal.

Kembali lagi pada judul yaitu "MAHASISWA BICARA TENTANG DOSEN"

Pernahkah kamu mengumpat dosen kamu? "Dosen sial, tugasnya banyak banget!!" Mungkin pernah ya, saya tidak tau pasti tpi saya sering kok mendengar, atau melihat dari PM BBM atau status FB yang menyampaikan umpatan2 tersebut. Namun menurut kalian apakah umpatan tersebut pantas? Kalau ditanya umpatannya tentu tidak akan yang bilang sebuah umpatan pantas karena seyogyanya gak baik mengumpat orang. Lalu apakah bisa dikatakan baik, mungkin gak ADA yang bilang bahwa mengumpat dosen itu baik, namun bisa jadi itu baik. Ya baik buat diri si pengumpat. Karena lega, bisa menyampaikan keluh kesahnya d jejaring sosila. Paling tidak tidak menjadikan dirinya sakit hanya karena banyak fikiran. Hahahaha

"Dosen ku unyu-unyu" wah wah kalau ini sepertinya sering kita dengar dari para mahasiswi yang beruntungnya mendapatkan dosen pengampu yang benar benar unyu. Apalagi jika dosennya mirip mirip artis korea. Hadeh bakal meleh tuh diajar. Yang ADA pada setiap tatap muka perkuliahan dia hanya merhatiin dosennya tanpa materi yang dipahami.

"dapat dosen killer" hey esok hari pengisian KRS, dibuka 2 hari. Namun banyak mahasiswa yang rela bergadang, kenapa? Mereka cepat cepat ingin mengisi KRS? Lalu why? Mengapa mereka berlomba-lomba untuk cepat cepat mengisi. Ternyata mereka menghindari dosen dosen yang mereka fikir sulit memberikan nilai bagus dan terkenal dengan killernya. Lalu setelah beberapa hati pengisian KRS berakhir, dan mereka saling bercerita maka kita akan mendapatkan kata kata seperti "sial, saya mendapat dosen killer".

INGIN JADI DOSEN KATANYA (Wajib baca)

Judul di atas adalah judul yg relevan dengan? Cita cita saya. Tapi judul diatas kok tidak relevan dengan kondisi saat ini ya. Kondisi diatas mungkin bisa dikatakan adalah sebuah masalah dimana harapan tidak sesuai dengan kenyataan.

"INGIN JADI DOSEN KATANYA" saya sering dan sangat sering pada saat itu mengatakan pada teman teman sejawat dan saudara bahwa saya yakin bisa jadi dosen, berbekal ilmu yang saya miliki saya mantapkan diri untuk memperjuangkannya. Ingin jadi dosen kataku dalam hati. Setiap hari bertemu teman di kampus saya katakan hal tersebut, bertemu di jalan saya ungkapkan mimpi saya tersebut, bertemu dimanapun saya sampaikan cita cita saya. Berbekal movie yg saya tonton dengan judul the secrets saya ikuti teori didalamnya yg mengatakan bahwa apa yang kamu inginkan katakanlah, maka yakinkanlah dirimu bahwa itu akan terjadi. Jadi saya setiap hari mengatakannya.

Sudah lebih sejak 3th yang lalu saya mempercayainya. Mengatakan dan menguatkan diri bahwa mimpi tersebut akan menjadi nyata, namun 3th berlalu sekarang ini belum saya temukan tanda tanda bahwa mimpi itu akan jadi nyata. Mulai kawatir rasanya apakah mimpi tersebut akan terjadi. Namun jika kembali pada the secret maka saya tidak boleh menyerah saya harus terus optimis bahwa mimpi saya akan menjadi nyata.

Sekarang saya berusaha untuk apa? Untuk cita cita saya, saya tidak tahu memang apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan mimpi tersebut, jangankan untuk menjadi dosen untuk menjadi guru saja saya belum bisa. What???? ADA yang salah, kenapa mimpiku berubah katanya ingin menjadi dosen, kenapa aku katakan bahwa menjadi guru saja tidak bisa, bukankah itu memang bukan cita citamu fik? Sebuah masalah kembali.muncul, diawal tadi sudah dijelaskan bahwa masalahnya adalah harapan untuk menjadi dosen yang belum tercapai, sekarang muncul kembali masalah yaitu berubahnya mimpi untuk menjadi dosen ke pada mimpi untuk menjadi guru. Akh ini mungkin hanya sebuah penurunan cita cita atau sebagai sebuah batu loncatan hiburku dalam hati.

Ingin menjadi dosen katanya, tapi tak punya uang untuk kuliah pada jenjang S2. Ingin jadi dosen katanya tapi tidak punya kemampuan untuk dapatkan beasiswa, ingin jadi dosen katanya tapi sudah menyerah sebelum mencoba. Hah....? Sudah menyerah sebelum.mencoba? Ya sepertinya saya belum mencoba saya sama sekali belum mencobanya, bagaimana bisa tau kalau kita tidak bisa S2, kalau belum mencoba (kagak ada uang). Oke oke, saya tau kalau tidak punya uang, lalu apakah kamu sudah mencoba bekerja? Atau apakah kamu sudah mencoba menabung dan menyisihkan sebagian uang hasil kerjamu. Gunakanlah sebagian untuk membiyayai biaya kuliahmu. Lalu bagaimana dengan beasiswa apakah kamu sudah mencoba? Belum lalu kanapa kamu tidak mencoba, sekarang cobalah untuk mendaftar, persiapkan segala sesuatu instrumen2 untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Ya katanya ingin.menjadi dosen kalau tidak berjuang keras mana bisa, orang orang yang sekarang sudah menjadi dosen tentu sudah berjuang danbmelawati halangan halangan yang besar juga. Jadi Katanya Mau jadi Dosen keputusannya ADA padaku sendiri. Wwyd (what will you do) and WDYD (what do you do).

5/25/13

Profil Orang Hebat


Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua, ijinkan saya untuk sedikit memperkenalkan diri saya, nama saya Taufik Hidayat, saya sekarang masih mahasiswa lo, semester 7, alhamdulilah, mungkin bentar lagi mau lulus. Amin. yang ingin kenal dengan saya boleh, atau mau tanya tanya, boleh. Saya mahasiswa Jurusan PGSD, kata orang-orang sih, gampang jadi mahasiswa PGSD, toh nanti juga jadi Guru SD yang super gampang, beda sama guru SMP dan SMA, wettss.. Tunggu dulu ya, anggapan seperti itu nampaknya salah. Lebih dari itu guru SD adalah guru yang paling pintar looo, bagaimana tidak, jika sampai salah guru SD bakal menciptakan pondasi generasi muda yang salah juga, guru SD mempunyai tanggung jawab yang super berat looo, Maaf malah curhat.
yah, kembali lagi ke saya, untuk jelasnya ini sih, kira-kira profil lengkapku.


Nama : Taufik Hidayat
Tempat/Tgl Lahir : SEMARANG, 10-07-1993
Jenis Kelamin : laki-laki
Alamat: Dadapan Rt 05/Rw 02 Kel. Sendangmulyo Kec. Tembalang Kota Semarang
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Pekerjaan : Mahasiswa
Kewarganegaraan WNI
 Facebook: https://www.facebook.com/taufik.e.clasico
Twiter : -